Tujuh Tempat Beli Emas Terpercaya untuk Investasi

Ilustrasi jual emas.
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id - Siapa sih, yang tidak tertarik dengan kemilau gemerlapnya emas? Sudah jadi rahasia umum ya, kalau yang namanya emas itu memang akan selalu diminati.

Mau Jual Emas? Harganya Naik Hari Ini

Mungkin zaman di mana nenek dan kakek kita muda, menginvestasi emas hanya berupa perhiasan dan jadi milik golongan berkantong gendut. 

Tapi kini, emas adalah pilihan investasi yang banyak digandrungi. Bagaimana tidak, dengan nilai jual emas yang jarang turun, masyarakat makin terpikat untuk memiliki emas. Ditambah lagi, dengan makin banyaknya tempat-tempat pembelian emas sebagai investasi yang aman dan terpercaya. 
Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar

Dari segi pembayaran, emas juga makin mudah untuk digenggam bagi semua kalangan. Kalau dahulu, emas hanya bisa dibeli secara tunai, kini fasilitas pembelian secara kredit sudah tersedia 
Harga Emas Naik Gara-gara Dolar Jatuh


Kamu tertarik berinvestasi emas? Simak deh, tujuh tempat beli emas terpercaya berikut ini: 

1. Unit bisnis Antam

Ingin beli emas dengan harga murah? Ya, di sini tempatnya. Kok bisa? Jelas, bisa dong, karena Unit Bisnis Antam yang terletak di Pulogadung, Jakarta Timur ini menjual emas batangan olahannya langsung. 

Tidak hanya jumlah pembeli saja yang dibatasi, yaitu 150 orang per hari. Sistem pengamanan juga tidak main-main loh! Hal ini, terlihat dari pemeriksaan terhadap pembeli yang sangat ketat. 

Unit bisnis Antam juga menyediakan layanan delivery order, yang juga ada di daerah-daerah tertentu. 

Kita juga bisa menjual emas produk Antam di tempat ini yang akan dihargai sebesar 95 persen dari harga pasar. 
 
2. Gedung pusat Antam

Kalau kamu ingin membeli emas di tempat yang lebih nyaman, coba deh Butik Emas yang ada di gedung pusat Antam, Jl. Simatupang, Jakarta Selatan. Jumlah pembeli memang lebih sedikit, tetapi harga yang dipatok sedikit lebih tinggi daripada di Unit Bisnis Antam Pulogadung. 

Di sini emas yang dibeli pun tidak dibatasi jumlahnya, jadi pembeli boleh membeli emas tanpa batas. Harga buyback (pembelian kembali) emas di gedung pusat dengan Unit Bisnis Antam juga sama. 

3. Cabang Antam

Sudah familiar dengan PT Antam sebagai tempat pembelian emas terpercaya dong ya. Nah, buat kamu yang tidak tinggal di Jakarta, enggak perlu khawatir. Dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dan meningkatkan penjualan, kini Antam sudah buka kantor cabang di beberapa daerah. 

Kantor cabang, atau Butik emas Antam sudah tersedia di Bandung, Makassar, Surabaya, dan Palembang. Hanya saja, perlu dipahami bahwa harga emas di kantor cabang, atau Butik Emas Antam yang berada di daerah, sedkit lebih tinggi dari gedung pusat Antam. 

Oh iya, bagi yang tinggal di daerah, selama masuk dalam jangkauan layanan antar, bisa memanfaatkan jasa ini loh! Tentu saja, ada biaya antar yang dibebankan ya. Pembeli juga bisa menjual emas di sini. Harga beli yang ditetapkan sama dengan kantor pusat. 



4. Pegadaian 

Pegadaian yang memiliki outlet galeri 24 hanya melayani pembelian secara tunai. Berbeda halnya dengan kantor Pegadaian cabang yang ada di daerah, justru hanya melayani pembelian emas secara kredit. 

Buat kamu yang tidak sempat datang langsung ke Pegadaian, bisa juga beli emas secara online lewat www.pegadaian.co.id. Jangan khawatir bakalan bingung, karena di dalam situs akan ada petunjuk pembelian. 

Semua emas yang dijual di Pegadaian tidak usah diragukan keasliannya, karena berasal dari PT Aneka Tambang (Antam). 

Untuk buyback emas, Pegadaian juga akan melayani, asalkan emas yang dijual dulunya dibeli dari Pegadaian. Hal ini harus bisa dibuktikan lewat sertifikat pembelian. Nilai beli yang ditawarkan Pegadaian pun cukup tinggi, yaitu 97 persen dari harga pasar. 

5. Bank syariah 

Gimana dengan yang ingin membeli emas dengan prinsip syariah? Datang saja ke bank-bank syariah, contohnya Bank Syariah Mandiri. Di bank syariah, pembeli bisa membeli emas secara kredit dengan syarat yang cukup mudah pula. 

Selain itu, tentu saja menguntungkan bagi umat Muslim, pembelian emas di bank syariah juga lebih ringan loh. Kenapa? Karena, pembayarannya yang bisa dilakukan secara mencicil setiap bulan. Sementara itu, untuk buyback emas, bank syariah akan membeli dengan nilai hingga 95 persen dari harga pasar.  

6. Butik emas mobile

Suka berkunjung ke mal? Nah, manfaatin deh jalan-jalan ke mal kamu dengan membeli emas lewat Butik emas mobile dari Antam. Bentuknya adalah sebuah gerai dengan jadwal yang bisa kamu lihat di situs Antam. Tetapi, emas yang dijual di Butik emas terbatas ya. 

Bagaimana dengan buyback emas? Apakah Butik emas mobile bisa? Tentu bisa dong! Aturan yang diterapkan sama dengan aturan dari gedung pusat Antam. 

7. Toko emas

Pilihan terakhir untuk membeli emas, ya di toko emas terpercaya. Tapi di tempat ini, emas batangan harganya lebih mahal dibandingkan emas batangan di Antam. Inilah yang harus dipertimbangkan oleh calon pembeli emas. 

Harga beli mungkin tidak sebanding dengan harga penjualannya nanti. Dengan kata lain merugi. Jika memang memutuskan untuk membeli emas batangan di toko emas, pastikan saja untuk benar-benar memilih toko emas yang bisa dipercaya. 

Gimana nih, sudah jelas kan di mana kamu bisa membeli emas yang tidak akan menipu atau merugikan. Investasi yang mendatangkan keuntungan itu memang menyenangkan ya, selama kamu tahu bagaimana cara kerjanya. 

Nah, untuk kamu yang sudah mantap berinvestasi emas batangan, silahkan pilih tempat terbaik untuk membelinya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya