Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi

Perawatan BTS 4G.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Akhirnya, PT XL Axiata Tbk dan PT Indosat Ooredoo Tbk mengumumkan kerja sama jaringan untuk 4G Long Term Evolution (LTE) melalui Multi Operator Radio Access Network (Moran). Artinya, ini merupakan bagian dari metode berbagi infrastruktur yang sering disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Disebutkan berbagi infrastruktur XL dan Indosat‎ Ooredoo meliputi wilayah, seperti Banyumas, Surakarta, Batam, dan Banjarmasin. Direncanakan, kedua operator ini akan memperluas kerja sama tersebut ke berbagai kota lainnya, guna mendukung agenda ekonomi digital di Indonesia.

Kerja sama jaringan atau dikenal dengan network sharing ini telah diimplementasikan di berbagai negara, yang mana operator memungkinkan memberikan jangkauan jaringan lebih luas. Saat ini, kerja sama network sharing LTE itu merupakan yang pertama terjadi di Indonesia‎.

Meski saling berbagi infrastruktur, pelanggan tidak akan merasakan perbedaan dari sebelumnya (seamless) dan akan tetap dapat menikmati layanan terbaik, baik dari XL maupun Indosat Ooredoo.

"Melalui inisiatif ini, kami juga mendukung usaha pemerintah mengurangi impor dalam mata uang asing serta memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien, mengurangi impor komponen dan fokus pada investasi dalam negeri," kata Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooreddo, Alexander Rusli dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 19 Januari 2016.

Sementara, Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, kerja sama kedua belah pihak adalah cara mendukung percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi merata di seluruh Indonesia. Sekaligus, upaya mendorong daya saing perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional dengan berbagi penggunaan infrastruktur bersama.

Dian mengatakan, kerja sama ini akan membawa peruntungan bagi pelanggan kedua belah pihak‎, sehingga pada akhirnya akan segera melahirkan ekonomi digital di Tanah Air. "Untuk tahap awal, kami memulainya dengan kerja sama jaringan 4G LTE melalui Moran di beberapa kota, dan ke depannya akan diperluas lagi dengan bentuk kerja sama lainnya yang bermanfaat bagi kedua belah pihak," imbuh Dian.

Pada tahap ini, network sharing yang dilakukan baru terbatas pada radio acces network. XL dan Indosat Ooredoo berkomitmen akan melanjutkan kerja sama ini untuk memperluas menjadi core network sharing. Sebab, itu akan meningkatkan penghematan bagi kedua perusahaan dalam melayani pelanggan LTE yang dipadu kecepatan data tinggi dan pengalaman terbaik.

Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

(mus)

Perawatan BTS 4G.

XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE

Teknologi tersebut yaitu 4T4R dan IP Multimedia Subsystem (IMS).

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016