Tips Mudah Lihat Lima Planet Sekaligus Malam Ini

Penampakan lima planet sebelum terbit fajar
Sumber :
  • www.earthsky.com

VIVA.co.id - Penampakan lima planet sekaligus bakal tersaji sepanjang sisa bulan ini. Sampai akhir Januari, diperkirakan, setiap dini hari jelang waktu subuh, akan terlihat penampakan Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus dalam waktu yang bersamaan.

Menariknya, penampakan ini bisa dilihat oleh warga di belahan dunia, termasuk di Indonesia. Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin membenarkan hal tersebut.

"Bukan hanya (tanggal) 20 Januari, tetapi selama akhir Januari saat subuh kita bisa melihat," kata Thomas kepada VIVA.co.id melalui pesang singkat, Selasa, 19 Januari 2016.

Sementara untuk secara rinci melihat rangkaian lima planet itu sudah bisa dimulai sejak malam hari. Astronom komunikator dari komunitas Langit Selatan, Avivah Yamani mengatakan, planet pertama yang akan terbit yaitu Jupiter. Planet raksasa ini akan terbit pada pukul 21.30.

"Disusul Mars tengah malam, terus Saturnus jam, 02.31 dan Venus jam 03.22, terakhir Merkurius jam, 05.00," kata Avivah kepada VIVA.co.id.

Dia mengatakan, untuk posisi Merkurius agak susah untuk dilihat, sebab terlalu rendah posisinya, yaitu di dekat horison.

Untuk bisa menikmari pemandangan rangkaian planet tersebut, Avivah menyarankan agar pengamat mencari tempat yang aman dari polusi cahaya.

"Tapi sebenarnya mereka cukup terang untuk dilihat dengan mata tanpa alat. Paling nyaman mengamati jam 3 pagi setelah bulan tenggelam," kata dia.

Penampakan lima planet ini dalam waktu bersamaan tergolong langka, sebab terakhir kali terjadi pada Januari 2005, alias 11 tahun lalu.

Peneliti: Semua Daerah Bisa Lihat Planet di Atas Kepala

(mus)

Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016