Pisahan, Bagir Bagikan Buku

VIVAnews - Empat hari sudah Bagir Manan pensiun sebagai hakim agung dan Ketua Mahkamah Agung. Dalam acara perpisahan, Bagir pun membagi-bagikan buku.

Buku berjudul 'Bagir Manan Ilmuwan dan Penegak Hukum' itu diberikan secara gratis kepada seluruh hakim agung dalam rapat pleno di gedung Mahkamah Agung, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 4 November 2008. Buku tersebut berisi bunga rampai dari berbagai penulis mengenai Bagir Manan.

Dalam rapat pleno itu, Mahkamah Agung melepas delapan hakimnya yang memasuki usia pensiun. Diantaranya, Bagir Manan, Marianna Sutadi, Parman Suparman, dan Bahaudin Qaudry.

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Nurhadi, mengatakan buku itu dibagikan ke seluruh pimpinan pengadilan tingkat banding di seluruh Indonesia.

Usai membagikan buku, Bagir di giring ke aula gedung Mahkamah Agung untuk memotong tumpeng yang sudah tersedia. "Tumpeng itu sebagai tanda peluncuran buku dan pelepasan Bagir Manan," ujar Nurhadi.

Bagir memasuki pensiun pada 6 Oktober 2008. Namun, karena Bagir sudah menerima gaji diawal bulan, maka ia meneruskan jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Agung hingga akhir Oktober.

Hingga kini, Mahkamah Agung belum juga menggelar rapat pimpinan untuk membahas pemilihan ketua baru.