Kontroversi Rasialisme Nominasi Oscar, Ini Kata Clooney

George Clooney
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake
VIVA.co.id
Taylor Swift Biayai Seluruh Kebutuhan Tom Hiddleston?
- Kontroversi
Oscar So White
Tingkah Konyol Leonardo DiCaprio Jahili Jonah Hill
( #OscarSoWhite
Ariana Grande Rilis Dua Lagu Baru Lewat SoundCloud
), yang menyeruak sejak pengumuman nominasi Oscar pada 14 Januari 2016 lalu, ternyata tidak hanya berpengaruh pada para artis kulit hitam. Kini semakin banyak artis kulit putih yang turut mengemukakan pendapat mereka atas nominasi Oscar yang dianggap rasialisme tersebut.

Dalam sebuah wawancara, yang dilansir dari laman People, aktor senior George Clooney mengungkapkan kekecewaannya pada nominasi Oscar tahun ini yang kurang variatif, dan menganggap Oscar telah bergerak ke arah yang salah.

Aktor yang pernah meraih Oscar untuk perannya dalam film Syriana itu menunjukkan sedikitnya jumlah peran yang tersedia untuk kaum minoritas dalam industri film.

"Jika kalian mengingat 10 tahun yang lalu, Academy Awards bekerja lebih baik. Pikirkan kembali tentang berapa banyak Orang Afrika dan Amerika yang masuk nominasi," ujar Clooney.

Aktor 54 tahun ini juga mengungkapkan pendapatnya,"Saya tidak merasa ini adalah sebuah masalah, tentang siapa yang kami pilih, berapa banyak pilihan yang tersedia untuk kaum minoritas dalam sebuah film, terutama dalam film berkualitas?"

Dia juga mengingatkan tentang nominasi Oscar di tahun 2004 silam, dimana banyak artis kulit hitam yang masuk nominasi Oscar, seperti Dhon Cheadle dan Morgan Freeman. Kemudian, ia menilai bahwa kini Oscar mendadak berkembang ke arah yang salah.

Menurut dia, film seperti Creed dan Concussion juga layak untuk masuk ke dalam nominasi Oscar.

Sebagai informasi, film Room dan Brooklyn akan menambah daftar panjang nominasi Academy Awards tahun ini. Film Room baru saja ditambahkan ke dalam nominasi Best Picture, Art Direction, Editing dan Make up. Sedangkan Brooklyn untuk kategori Best Cinematography dan Best Original Score.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya