Bank Sentral China Akan Luncurkan Mata Uang Digital

Bank Sentral China
Sumber :
  • CNBC
VIVA.co.id
Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik
- Bank Sentral China (PBoC) berencana meluncurkan mata uang digital sendiri untuk memotong biaya uang tradisional yang beredar dan meningkatkan kontrol terhadap pasokan uang. 

Volume Ekspor China Meningkat, Bawa Angin Segar bagi RI?
Demikian dikatakan Bank Rakyat China seperti dilansir dari CNBC, Kamis 21 Januari.  Sebuah tim peneliti dari PBoC yang didirikan tahun 2014 diminta untuk melakukan survei guna mempersiapkan peluncuran mata uang digital tersebut, menurut pernyataan bank sentral yang dirilis di www.pbc.gov.cn

Kantor Mossack Fonseca Digeledah Kejaksaan Panama
"Tim ini harus menyiapkan sasaran strategis yang lebih jelas untuk meluncurkan mata uang digital, mengatasi hambatan teknologi yang bertujuan untuk peluncuran awal mata uang digital bank sentral," kata PBoC.

Menurut mereka, mata uang virtual juga dapat membantu meningkatkan transparansi kegiatan ekonomi dan membatasi pencucian.  Salah satu mata uang digital yang paling populer adalah bitcoin.

Tapi munculnya Bitcoin, yang tidak diatur di banyak negara, telah memicu kekhawatiran karena dapat digunakan untuk pencucian uang dan membiayai kelompok-kelompok ekstremis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya