Peneliti: Alien Punah Akibat Perubahan Iklim Ekstrem

• www.techtimes.com/L.Bazals

VIVA.co.id - Sebuah penelitian terbaru dari peneliti The Australian National University (ANU), mengungkapkan kenapa alien tak pernah menampakkan diri di hadapan manusia. Menurut mereka, makhluk asing itu telah punah akibat perubahan iklim yang cukup ekstrem.

Awal pemikiran tersebut bermula pada memahami bagaimana kehidupan bisa berkembang sejauh ini. Seperti kita ketahui, alam semesta diperkirakan telah berusia 13 miliar tahun dan Bumi 4,5 miliar tahun.

Dengan waktu umur yang begitu panjang itu, para astrobiologi ANU menyakini kalau alien yang telah tercipta dan sempat eksis di alam semesta ini. Namun, karena telah terjadi perubahan iklim yang cukup ekstrem, maka alien musnah keberadaannya.

"Alam semesta diisi oleh planet-planet yang layak huni (selain bumi), sehingga banyak ilmuwan yang berpikir kalau alien pasti pernah ada," kata Aditya Chopra, peneliti astrobiologi ANU dilansir dari Phys.org, Jumat, 22 Januari 2016.

Tetapi, lanjut Chopra, di awal kehidupan begitu rapuh dengan masuknya perubahan iklim. Sehingga, untuk bertahan dengan waktu yang lama, sangat mustahil untuk terjadi.

"Kebanyakan lingkungan awal di planet (alam semesta) tidak stabil. Untuk menghasilkan planet yang layak huni, perlu bisa mengatasi gas efek rumah kaca dari air hingga karbon dioksida untuk menjaga suhu permukan selalu stabil," kata dia.

Lalu, dia menceritakan, dengan akibat tak dijaganya suhu permukaan di planet tersebut, maka mengakibatkan populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya bisa terancam. Dia mengemukakan, pada empat miliar tahun lalu, Bumi, Venus, dan Mars semuanya kemungkinan layak huni. Tapi, satu miliar tahun kemudian, Venus berubah jadi planet penuh dengan gas rumah kaca dan Mars yang membeku seperti 'lemari es'.

"(Maka) kehidupan di bumi punya peranan penting dalam menstabilkan iklim planet," ujar Chopra yang berharap penelitiannya ini menjawab teka-teki misteriusnya keberadaan alien.

"Misteri mengapa kita belum saja menemukan tanda-tanda alien, mungkin lebih karena asal usul kehidupan atau kercerdasan dan berkaitan dengan kelangkaan siklus biologis di planet," sambungnya.

Hasil penelitian tentang musnahnya alien karena perubahan iklim ini, Chopra tampilkan ke dalam sebuah studi bernama jurnal Astrobiology.

Belasan Basis Militer AS Bisa Lenyap Akibat Perubahan Iklim