VIDEO: Uniknya Astronot Bermain Tenis Meja di Antariksa

Astronot NASA, Scott Kelly bermain ping pong di Stasiun Antariksa Internasional, Kamis (21/01/2016).
Sumber :
  • YouTube/NASA Johnson

VIVA.co.id - Astronaut yang lama tinggal di antariksa, Scott Kelly, punya cara menghabiskan waktu beraktivitas di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Dikutip dari Time, Jumat 22 Januari 2016, untuk merayakan hari ke-300 dia berada di antariksa pada Kamis kemarin, astronot asal Amerika Serikat ini bermain ping pong atau tenis meja di antariksa. Bola yang digunakan juga bukan bola seeperti yang ada di bumi, tapi yang digunakan adalah bola air.

Tentu menarik bagaimana uniknya bermain ping pong, dengan bola air, dan di ruang nol gravitasi.

Untuk memainkan bola air tersebut, Kelly menggunakan dua raket tenis meja khusus. Raket tersebut terukir pola hidropofik khusus atau antiair, yang ditutupi dengan teflon. Rancangan ini membuat tetesan bola air itu bisa memantul saat membentur raket, jadi air tidak meresap dan membasahi raket.

Dengan pola demikian, makanya bola air itu bisa dimainkan seperti layaknya tenis meja dalam ruang gravitasi, namun gerak bola air yang dicoba Kelly dengan pola naik dan turun.

Demonstrasi ini direkam dengan rekaman resolusi ultra definisi tinggi atau dikenal 4K. Dalam unggahan video di YouTube dan akun Twitternya, Kelly menuliskan tentang raket polikarbonat super hidropobik dan bola air di antariksa.

Diketahui, selain Kelly, astronaut yang hampir setahun berada di ISS yaitu kosmonaut Mikhail Kornienko. Keduanya dijawalkan akan kembali ke bumi pada awal Maret nanti.

Obati Penyakit, 'Astronaut Tikus' Dikirim ke Antariksa
Tiga astronot yang ikut demam Piala Dunia 2014

Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa

Olimpiade Rio mulai dibuka pada 5 Agustus 2016.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016