Hari Ini, Pemenang Tender Palapa Ring Diumumkan

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, pemenang proyek Palapa Ring akan diumumkan pekan ini atau tepatnya sore hari ini. Pernyataan itu langsung disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Namun, Rudiantara tak menyebut secara spesifik pemenang tender tersebut apa dari paket barat saja atau digabung dengan paket tengah dan timur.

"Saya janji akan diumumkan, tunggulah hari ini. Paketnya ada tiga, (paket) barat, (paket) tengah (paket) timur, Insya Allah hari ini ada yang diumumkan, sore atau malam. Pokoknya saya janji minggu ini kan, janji harus ditepati," kata Rudiantara usai menghadiri acara @5 Minutes for e-Commerce 2016 oleh Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) di Le Meridien Hotel, Sudirman, Jakarta, Jumat, 22 Januari 2016.

Sebelumnya, pada awal pekan ini, dia hanya mengungkapkan, pemenang proyek pembangunan kabel optik untuk paket barat. Sebab, wilayah barat Indonesia dinilai paling mudah dilakukan ketimbang daerah lainnya.

Ketika disinggung mengenai siapa pemenang dari Palapa Ring ini, Rudiantara enggan untuk menjawabnya atau sekedar memberikan gambaran kecilnya. Ia hanya mengatakan kalau lebih baik menunggu pengumuman dari panitia.

"Tidak baik mendahului panitia (Palapa Ring), tunggu saja. Kita hormati panitia. Nanti pemenangnya bisa diumumkan melalui siaran pers atau dicantumkan di media (website)" katanya.

Diketahui, peserta Palapa Ring ini ada delapan perusahaan, dengan XL Axiata dan Indosat Ooredoo belum menyatakan membentuk konsorsium ketika sudah lolos prakualifikasi. Selain itu, ada iForte Solusi Infotek, Konsorsium Mora Telamatika Indonesia-Ketrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem Ultima-Huawei, Telkom, Konsorsium Pt Matra Mandiri Prima-PT Hitachi High Technologies Indonesia-PT Partibandar Utama, dan Konsorsium Pandawa Lima.

Pembangunan infrastruktur internet melalui kabel optik ini untuk menggenjot kecepatan akses minimal 20 Mbps di perkotaan dan 10 Mbps di pedesaan. Proyek nasional ini akan dikerjakan lewat skema kemitraan pemerintah dengan badan usaha berdasarkan Perpres No. 38/2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam Penyediaan Infrastruktur.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat
Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016