10 Pabrik Ini Akan Buka Ribuan Lowongan Kerja

Sumber :
  • VIVA.co.id/Rochimawati

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik tekstil skala ekspor PT Nesia Pan Pacific Clothing di Wonogiri, Jumat 22 Januari 2016.

Selain meresmikan pabrik, Jokowi juga meluncurkan Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja Tahap III untuk wilayah Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua yang diklaim akan menyerap ribuan tenaga kerja.

"Dalam tahap tiga akan ada 10 perusahaan yang akan dilibatkan dan akan menyediakan lapangan kerja," kata Presiden.

Sepuluh perusahaan tersebut adalah PT Graha Alam Lestari, PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Lombok Energy Dynamics, PT Shang Che Garamindo, PT Batutua Tembaga Raya, PT Megah Surya Pertiwi, PT Nabire Baru, PT ANJ Agri Papua, PT Bio Inti Agrindo dan PT Shambhala Payangan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, program penyerapan tenaga kerja merupakan salah satu investasi yang bertujuan memaksimalkan pemanfaatan investasi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dalam tahap tiga ini perusahaan yang terlibat terdiri dari delapan PMA dan dan dua PMDN dengan total rencana investasi sebesar Rp12,50 triliun, yang telah terealisasi Rp5,49 triliun dengan rencana ekspor US$471 juta," kata dia.

Rencananya, ke-10 perusahaan itu akan menyerap sebanyak 11.727 tenaga kerja selama periode 2015-2019.

"Apabila melihat angka khusus periode tahun 2015-2019 tercatat ke 10 perusahaan tersebut melakukan rekrutmen untuk 7.232 orang tenaga kerja," ujar Franky.

Dia optimistis target pemerintah untuk menciptakan dua juta lapangan pekerjaan akan tercapai. Bahkan untuk memenuhi target tersebut, sejumlah langkah strategis telah dilakukan BKPM, antara lain meningkatkan layanan perizinan investaai dengan peningkatan layanan PTSP Pusat, izin investasi 3 jam serta program kawasan industri ramah investasi.
 

Retribusi Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing Naik
Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei

Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016