Produk Unggulan UKM Harus Siap Hadapi MEA

Sumber :
VIVA.co.id
Tepung Kelapa dari Sulut Diminati Warga Rusia
-
Sri Mulyani: Nilai Perjanjian WIEF US$900 Juta, Masih Kecil
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyatakan produk unggulan dari seluruh Indonesia bisa dijadikan penambahan pendapatan negara‎ dengan cara terus menggenjot ekspornya.

Sri Mulyani Ingin UMKM Perluas Jaringan ke Luar Negeri
Ekspor yang digenjot itu salah satunya produk kreatif yang dilahirkan pelaku-pelaku UKM dalam rangka menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

‎Ajang bagi UKM unjuk gigi memperkenalkan produk UKM unggulan adalah Galeri Indonesia WOW yang pertama kali menggelar program bertajuk Marketeers Creativity Day ‎dengan tema "It's a Joyful Marketplace".

Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, yang secara langsung menghadiri acara tersebut, mengatakan Marketeers Creativity Day merupakan arena bagi para pelaku UKM yang kreatif dan produktif.

Ini dinilai bisa‎ menunjukkan kompetensinya dalam mewujudkan produk unggulan dari berbagai industri, seperti fesyen, kuliner, musik, olahraga, fotografi dan sebagainya. 

"Galeri Indonesia WOW hadir sebagai media bagi UKM yang berorientasi ekspor dan menuju era digital economy yang sudah berlangsung," ujar Puspayoga di gedung SMESCO, Jakarta, Minggu, 24 Januari 2016.

Menurutnya, dalam hal ini peluang pasar jadi sangat terbuka. "Lewat internet, produk kita akan mudah dipasarkan ke manapun," ‎kata Puspayoga.

Sementara itu, Direk‎tur Utama LPP UKM,  Ahmad Zabadi mengaku terus mengajak pelaku UKM di seluruh Indonesia yang memiliki produk kreatif untuk memanfaatkan galeri Indonesia WOW guna meningkatkan kapasitas bisnisnya sehingga produk mereka dapat siap menembus pasar, khususnya pasar ekspor. 

"Banyak fasilitas di Galeri ini, seperti tempat bereksperimen, tempat pembelajaran dan kantor, panggung kreatif, display dan banding produk, serta pertemuan antara UKM, dengan para investor yang bisa dimanfaatkan," kata Ahmad.

Dalam acara ini banyak ditampilkan produk UKM berbasis industri kreatif yang akan diselenggarakan rutin setiap bulan dihari Minggu, tepatnya pekan ke-empat di Gedung SMESCO RumahKU, Jakarta. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya