Smartfren 4G LTE Sudah 'Selimuti' 85 Kota

Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id –  Keseriusan Smartfren dalam layanan 4G Long Term Evolution (LTE) Advanced dibuktikan pada awal 2016. Usai menggelar secara serentak layanan 4G mereka di 22 Kota, kini operator tersebut memperluas cakupan jaringan 4G hingga 85 kota seluruh Indonesia.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys, mengatakan jangkuan jaringan generasi keempat tersebut terus mengalami peningkatan. Mulai Agustus dengan 22 kota, ditambah jadi 66 kota pada November, kemudian diperluas kembali hingga 85 kota pada Desember tahun lalu.

"Sekarang sudah coverage di 85 kota dari total 514 total kota di seluruh Indonesia. Ini menandakan Smartfren sebagai operator dengan coverage 4G terluas se-Indonesia saat ini," kata Merza di Senayan National Golf, Jakarta, Senin, 25 Januari 2016.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Diketahui, operator berbasis CDMA ini mengoptimalkan teknologi 4G LTE dengan menggabungkan teknologi Frequency Division Duplex (FDD) di 850 MHz dan teknologi Time Division Duplex (TDD) 2.300 MHz. Pada pengembangan jaringan 4G LTE-nya itu, Smartfren bekerjasama dengan vendor ZTE dan Nokia sebagai mitra infrastruktur.

Nokia menggarap pembangunan Base Tranceiver Station (BTS) untuk wilayah Indonesia bagian barat, yang meliputi Jabodetabek, Jawa Barat, dan Sumatera. Sedangkan, ZTE mengembangkan infrastruktur untuk Smartfren di wilayah timur Indonesia, mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Berikut daftar 85 kota yang sudah ada jaringan 4G LTE Advanced Smartfren, yaitu:

DKI Jakarta
Jakarta

Banten
Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Cilegon, Pandeglang

Jawa Barat
Bogor, Bekasi, Purwakarta, Depok, Sukabumi, Cianjur, Subang, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Cirebon.

Jawa Tengah dan Yogyakarta
Semarang, Surakarta, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Yogyakarta, Wonosari, Bantul

Jawa Timur
Surabaya, Malang, Madiun, Jember, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Ponorogo.

Balik dan Lombok
Denpasar, Mataram.

Sumatera Utara
Aceh, Sabang, Bireun, Lhokseumawe, Medan, Tebing Tinggi, Pemantang Siantar, Brastagi.

Sumatera Barat
Padang, Pariaman, Padang Pajang, Bukit Tinggi.

Sumatera Selatan
Palembang, Bandar Lampung, Prahbumulih, Lahat, Pagar Alam, Kota Bumi, Metro.

Riau
Pekanbaru, Batam, Duami, Duri.

Sulawesi Selatan
Makassar, Pare Pare, Palopo.

Sulawesi Utara
Manado, Koyamobago.

Kalimantan Selatan
Banjarmasin, Martapura, Banjarbaru, Kota Baru.

Kalimantan Timur
Balikpapan, Samarinda.

Kalimantan Barat
Pontianak, Singkawang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya