Warga Jakarta, Ini Cara Melepas Stres

Jojoner Berbagi di Tanjung Pasir 2015 Bulan Ramadhan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Warga kota besar seperti Jakarta membutuhkan pengalih perhatian dari kepenatan setelah seminggu penuh bekerja. Umumnya, akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk memanjakan diri, dengan cara berlibur ke luar kota atau sekedar jalan-jalan ke mal.

Tapi, jika bosan dengan dua cara di atas. Ada alternatif lain mengusir penat dan lelah di akhir pekan, yakni dengan cara memancing.

Beberapa orang menganggap memancing adalah kegiatan yang menjemukan, tapi memancing juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kegiatan yang kerap dilakukan kaum Adam ini disebut dapat membuat seseorang lebih bahagia dan lebih bugar.

Tidak hanya itu, memancing juga bisa melepaskan stres. Menurut CEO Recreational Boating and Fishing Foundation, Frank Petterson, aktivitas melempar kail, menunggu ikan, dan menarik kail bisa jadi terapi.

VIDEO: Menikmati Musim Memancing Ikan di Tasmania

“Hanya dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tekanan sudah dapat menciptakan perasaan senang," kata Frank, Senin 25 Januari 2016.

Manfaat pelepas stres itu juga yang dirasakan komunitas Jurnalis Joran Indonesia. Setiap minggunya, komunitas pemancing yang anggotanya terdiri dari jurnalis dan pewarta foto berbagai media, baik cetak, online maupun televisi ini, kerap mengadakan kegiatan memancing reguler.

Adapun merayakan ulang tahun yang ke-dua, Jurnalis Joran Indonesia mengadakan acara lomba memancing dan program Sebar Sejuta Ikan. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga.

Puspayoga berharap aksi Sebar Sejuta Ikan dapat meningkatkan aksi program Kali Bersih di Jakarta.
 
Seperti keberhasilannya saat duduk di kursi Wali Kota Denpasar, Puspayoga mencontohkan program yang sempat diusungnya. Kala itu, dia mengembangkan prorgam kali bersih (Prokasih).
 
“Dari kegiatan-kegiatan seperti yang dilakukan oleh Jurnalis Joran, seharusnya dapat semakin menggerakan program kali bersih yang ada di Jakarta. Nantinya, kegiatan memancing tak lagi hanya sekedar hobi, namun juga memberi dampak besar untuk lingkungan,” kata Puspayoga di Pemancingan Puspita, Pondok Gede, Jakarta Timur.
 
Dalam kesempatan yang sama, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim Kementerian Kordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Safri Burhanuddin, yang mewakili Menteri Koordinator Menteri Rizal Ramli, menyampaikan harapannya kepada komunitas Jurnalis Joran Indonesia agar dapat ikut membantu melestarikan laut sekaligus kebijakan pemerintah terkait kemaritiman.

Safri mengungkapkan dengan adanya komunitas Jurnalis Joran Indonesia, pemerintah merasa terbantu untuk mensosialisasikan dan mengeksploitasi hasil laut dengan cara yang positif.
 
“Kelompok jurnalis mancing seperti Jurnalis Joran Indonesia diharapkan dapat membantu kelestarian laut dan mensosialisasikan suatu kebijakan pemerintah,” ujar Safri. (ren)

FOTO: Berburu Ikan untuk Peringati Hari Nelayan di Jerman
Ikan Raksasa

Lima Ikan Raksasa yang Pernah Ditangkap dengan Memancing

Dengan melihat ukurannya saja akan membuat Anda menganga.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2015