PM Timor Leste: Kami Tak Terkejut RI Jadi Negara Besar

Sumber :
  • Sekretariat Kabinet

VIVA.co.id - Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Rui Maria Araujo mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia telah menjadi salah satu negara dinamis, baik di tingkat regional maupun global.

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

“Kami tidak akan terkejut jika Indonesia menjadi salah satu negara terbesar di dunia,” kata Rui di Istana Perdana Menteri, Dili, Timor Lesete, seperti dikutip pada laman Sekretariat Kabinet, Rabu, 27 Januari 2016.

Rui mengapresiasi adanya penandatanganan kerja sama antara pemerintah RI dengan pemerintah Timor Leste dalam bidang kelautan dan perikanan, terutama mengenai batas laut. “Kedua negara menjadi lebih jelas dalam hal batas laut maritim dan akan menyepakati beberapa hal tersebut,” ungkapnya.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Kerja sama lain yang dilakukan antara Indonesia dan Timor Leste adalah di bidang energi dan sumber daya mineral (ESDM), kearsipan, dan kepemudaan. Menurut dia, adanya kerja sama pemerintah RI dengan pemerintahan Timor Leste itu memperlihatkan ikatan yang sangat kuat antar kedua negara.

Negara pertama
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
 
Jokowi mengatakan, Timor Leste merupakan negara pertama yang dikunjungi tahun 2016. “Indonesia menegaskan bahwa sebagai mitra kerja utama bagi negara Timor Leste,” kata Jokowi.
 
Dalam pertemuan bilateral, Indonesia dan Timor Leste berkeinginan untuk menyelesaikan batas darat dan batas laut pada kuartal pertama 2016. Di bidang ESDM, infrastruktur dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama di Timor Leste. Selanjutnya, di bidang perbankan dan telekomunikasi juga akan terus ditingkatkan seperti PT Telkom dan Bank Mandiri.
 
Untuk people to people contact, Indonesia menandatangani kerja sama dalam hal penerbangan dan pengembangan dirgantara.
 
(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya