Harga Pangan Tinggi, Ini Langkah Kementan

Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengakui harga kebutuhan pokok pangan di Tanah Air saat ini masih belum sepenuhnya stabil. Bahkan, ada beberapa komoditas pangan seperti daging sapi, daging ayam, dan bawang naik.

Kurang Tenaga Pertanian, Indonesia Darurat Pangan
‎Menurut Amran, gejolak harga pangan itu terjadi dikarenakan ada yang tidak beres dalam distribusi rantai pasokan pangan. Kementan berjanji segera berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk mengatasi masalah ini.
 
Rutin Impor Daging Sapi, Solusi Turunkan Harga?
"‎Kami akan koordinasi dengan Kemendag (Kementerian Perdagangan), Bulog (Badan Urusan Logistik), ini supply chain harus dipotong, semua komoditas," ujar Amran di kantor Ditjen Hortikultura, Kementan, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.
 
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
Amran menjelaskan, jika nantinya rantai distribusi itu bisa dipotong, harga pangan diharapkan bisa kembali stabil. Ini dikarenakan, perantara atau tengkulak tidak bisa bermain dengan harga.
 
"‎Nanti, Bulog yang beli (ke Petani), Kementan mendukung, yang biasanya dari delapan titik menjadi empat titik, menjadi 50 persen. Jadi, dari petani ke Bulog, Bulog langsung ke pasar, lalu ke konsumen," kata Amran.
 
Dengan begitu, Amran berharap, masyarakat bisa kembali menikmati kebutuhan pangan dengan harga yang lebih murah.
 
"Itu solusi untuk seluruh komoditas, termasuk daging sapi (yang saat ini masih tinggi harganya," ujar Amran. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya