Irak Bakal Bangun Gedung Tertinggi di Dunia, Intip Desainnya

Gedung tertinggi di Irak.
Sumber :
  • AMBS Architects
VIVA.co.id
Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru
- Salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, Irak, berencana akan membangun gedung tertinggi di dunia. Desain dan rancangan gedung itu telah disusun dan berlokasi di Basra, Irak Selatan. 

Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun
Dilansir dari CNBC, Kamis 28 Januari 2016, diketahui gedung itu dirancang oleh rumah arsitektur AMBS yang menggambarkan gedung itu sebagai 'Mercusuar bagi masa depan Irak'. Sebab, gedung itu terdiri dari empat menara dengan satu yang tertinggi, yaitu 964 meter ditambah 188 meter antena. 

Menguak Shanghai Tower, Bangunan Tertinggi Kedua di Dunia
"Sistem siam dari menara yang terhubung secara horizontal ini adalah struktur yang paling stabil," ujar Direktur AMBS Arsitek, Marcos De Andres. 

Menurut dia, beberapa menara yang ada juga menyediakan sistem keamanan dan akses evakuasi yang banyak. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dapat ditangani secara cepat.

"Ada beberapa alternatif akses untuk melarikan diri, baik melalui rute sirkulasi horizontal maupun vertikal," tambahnya.

De Andres menjelaskan, Kota Basra dipilih karena dinilai paling aman di negara tersebut. Proyek ini juga diharapkan dapat menghasilkan energi yang bersih untuk memenuhi kebutuhan sendiri, yang rencanaya akan mengandalkan tenaga matahari. 

"Perhitungan kami menunjukkan bahwa hal tersebut dapat dilakukan," ungkapnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya