Angkat Potensi Pariwisata dengan Balap Sepeda

Sumber :
  • Riska/ VIVA

VIVA.co.id - Sebuah ajang balap sepeda kelas internasional akan digelar di Tanah Air. Ajang bertajuk Tour de Flores itu siap digelar 19 - 23 Mei 2016 mendatang.

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

Selain olahraga, acara ini juga dinilai dapat mengangkat destinasi wisata Flores yang sangat eksotis. Di Flores sendiri terdapat banyak tempat wisata dari danau yakni Danau Kelimutu, taman nasional sampai pantai.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata mengatakan bahwa Tour de Flores termasuk dalam sport tourism yang efektif untuk mempromosikan destinasi wisata, di mata dunia. Acara ini diyakini akan menyedot wisatawan asing hadir ke Flores.

"Sport tourism seperti ajang balap sepeda, sudah kita pikir sebagai sesuatu yang pas untuk mempromosikan Flores," kata Arief Yahya, Jumat 29 Januari 2016.

Balap sepeda dimulai dari Kota Larantuka dan selesai di Labuan Bajo. Panjang lintasannya mencapai 661 kilometer. Terdapat 5 etape, yakni Larantuka-Maumere, Maumere-Ende, Ende-Bajawa, Bajawa-Ruteng dan Ruteng-Labuan Bajo.

Akan ada 21 tim yang mengikuti ajang balap sepeda internasional ini. Terdiri dari  16 tim mancanegara dari 20 negara. Serta, lima tim dalam negeri, yakni empat tim nasional dan satu tim daerah. Mereka memperebutkan hadial dengan total Rp8 miliar.

"Tour de Flores ini akan mendorong pariwisata NTT. Potensi alam dan budaya harus kita kembangkan," kata Wakil Gubernur NTT, Beny Aleksander Litelnony.

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Bahasa Jadi penghambat Pariwisata di Indonesia

"Malaysia, Singapura, dan Filipina Bahasa Inggrisnya lebih bagus."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016