Soal Gaji, Karyawan BCA Paling Puas Dibanding Tiga Bank BUMN

Sumber :

VIVA.co.id - Platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, Jobplanet, melakukan analisis terhadap tingkat kepuasan karyawan di empat bank terbesar di Indonesia. Yaitu, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). 

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Berdasarkan hasil analisis yang diterima VIVA.co.id, Jumat 29 Januari 2016, ada beberapa faktor yang dinilai oleh para pengguna website Jobplanet, yang juga merupakan pencari kerja, karyawan, dan mantan karyawan suatu perusahaan dalam setiap review yang dilakukan. 
 
Tingkatkan Kerja sama, BSM dan Muhammadiyah Teken MoU
Di antaranya adalah, faktor gaji dan tunjangan, work-life balance (keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan), manajemen perusahaan, serta tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan secara umum. 
 
Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit
Setiap faktor tersebut dinilai berdasarkan rating (peringkat) 1 - 5, yang mewakili 'Sangat Tidak Puas' hingga 'Sangat Puas'. Semakin tinggi rating yang diberikan oleh pengguna, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap faktor internal di perusahaan tempat mereka bekerja.
 
Keempat bank tersebut, merupakan bank dengan jumlah konten terbanyak di Jobplanet, di mana total konten dari keempatnya hingga pertengahan Januari lalu, mencapai hampir 7.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara.
 
Berikut hasil analisis mengenai tingkat kepuasan karyawan di keempat bank tersebut secara umum:
 
Tingkat kepuasan karyawan
 
Jika dilihat dari tingkat kepuasan karyawan secara umum, BCA menempati posisi tertinggi dengan rating kepuasan karyawan mencapai 4,0. Sementara itu, rating kepuasan karyawan BNI adalah sebesar 3,7, Bank Mandiri sebesar 3,6, dan rating kepuasan karyawan BRI adalah 3,5. 
 
Tingkat kepuasan terhadap gaji dan tunjangan 
 
Menurut penilaian para karyawan dan mantan karyawan, rating kepuasan gaji dan tunjangan BCA masih menduduki posisi tertinggi jika dibandingkan dengan ketiga bank lainnya. Rata-rata rating kepuasan karyawan BCA terhadap gaji dan tunjangan mereka adalah sebesar 3,9, diikuti oleh BNI sebesar 3,6, Bank Mandiri sebesar 3,5, dan BRI sebesar 3,4. 
 
 
Tingkat work-life balance
 
Tingkat work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadinya. Tiga bank BUMN terbesar, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI, mendapatkan rating work-life balance yang sama dari para karyawan, yakni sebesar 3,2. Sementara itu, rating work-life balance yang diperoleh BCA sebesar 3,8.
 
Tingkat kepuasan terhadap manajemen
 
Salah satu faktor internal yang paling menentukan tingkat kepuasan karyawan secara umum adalah manajemen perusahaan. Dari keempat bank terbesar ini, BCA meraih rating manajemen tertinggi dari para karyawan dan mantan karyawan yang juga merupakan pengguna Jobplanet, yakni 3,7. Bank Mandiri dan BNI mendapatkan rating manajemen yang sama, yakni 3,4; sementara BRI mendapatkan rating 3,2. 
 
Kesimpulan
 
Penilaian karyawan terhadap beragam faktor internal, seperti gaji dan tunjangan, work-life balance, dan manajemen perusahaan memengaruhi tingkat kepuasan mereka secara umum terhadap perusahaan. Semakin tinggi rating yang diberikan oleh karyawan untuk setiap faktor internal tersebut, akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap perusahaan.
 
"Dari antara keempat bank tersebut, misalnya, BCA meraih rating kepuasan tertinggi dalam hal gaji dan tunjangan, work-life balance, dan manajemen. Hal itu mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan secara umum, sehingga bank tersebut juga meraih tingkat kepuasan paling tinggi di antara bank-bank lainnya," ungkap Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius. 
 
Meski begitu, berdasarkan data yang kami himpun dari database Jobsplanet, keempat bank tersebut memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata. 
 
"Sebagai informasi, rata-rata rating kepuasan karyawan secara keseluruhan dari perusahaan-perusahaan perbankan yang terdapat dalam website Jobplanet adalah 3,2. Sementara, rata-rata rating kepuasan karyawan BCA, BNI, Bank Mandiri, dan BRI adalah di atas itu," Kemas menambahkan. (asp)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya