Ini Daftar Negara Berkembang yang Layak Investasi

Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Negara-negara berkembang kini menjadi salah satu lahan investasi menarik bagi investor dunia, di tengah perlambatan ekonomi global. 

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
CNN Money mengeluarkan daftar delapan pasar negara berkembang, termasuk Indonesia, yang diperkirakan tumbuh positif dan tidak membuat khawatir investor.  
 
Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
1. India 
 
Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
India adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dunia dan pemerintahannya mengharapkan ekonomi negaranya tumbuh, bahkan lebih cepat tahun ini. India juga merupakan salah satu negara yang diuntungkan dari jatuhnya harga minyak dunia. 
 
2. Kenya
 
Ekonomi Kenya tumbuh 6,5 persen tahun lalu, dan diprediksi akan tumbuh 6,8 persen tahun ini. Negara di Afrika Timur ini menikmati keuntungan dari rendahnya harga minyak dan booming teknologi.  
 
Tidak seperti negara berkembang lainnya, Kenya tidak perlu khawatir mengenai perlambatan pertumbuhan ekonomi China, karena terbatasnya pengaruh China. 
 
3. Vietnam 
 
Vietnam tumbuh 6,5 persen tahun lalu dan diharapkan untuk tumbuh 6,4 persen tahun ini. Negara ini diuntungkan dari berkembangnya jumlah tenaga kerja, sekitar 60 persen populasinya berusia di bawah 35 tahun. Vietnam juga sepertinya akan mendapat dorongan ekonomi dari Perjanjian Kemitraan Trans Pasifik.
 
4. Chili 
 
Negara ini berhasil melakukan diversifikasi ekonomi dalam beberapa tahun ini. Negara Amerika Selatan ini juga bagian dari Kemitraan Trans Pasifik. 
 
 
5. Kolombia 
 
Ekonomi Kolombia tumbuh 2,5 persen tahun lalu dan diproyeksikan akan tumbuh 2,7 persen pada tahun ini. Pemerintahannya berkomitmen untuk melakukan pemotongan anggaran belanja dan mengurangi defisit anggaran, yang tentu saja menggembirakan investor. 
 
6. Meksiko
 
Meksiko tumbuh 2,3 persen tahun lalu dan Dana Moneter Internasional (IMF) mengharapkan negara Amerika Latin itu tumbuh 2,8 persen tahun ini. Peringkat utangnya naik dan Jumlah pengangguran di negara tersebut turun, setelah pemerintah melakukan reformasi ekonomi. 
 
7. Indonesia 
 
Indonesia telah fokus meningkatkan profil ekonomi, sejak terkena krisis finansial. Indonesia berhasil memangkas utang luar negerinya, sehingga tidak terlalu rapuh oleh kenaikan suku bunga Amerika Serikat. Indonesia juga sukses mengurangi belanja dan memperkecil defisit anggaran. Kalangan masyarakat kelas menengah Indonesia terus tumbuh.    
 
8. Peru 
 
Ekonomi Peru diproyeksi akan tumbuh 3,3 persen tahun ini. Pertambangan merupakan sumber pendapatan terbesar Peru, tetapi negara ini mampu bertahan di tengah anjloknya harga komoditas yang merupakan pertanda baik bagi investor. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya