Keputusan Keuangan Ini Harus Segera Diambil Sekarang

Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA.co.id - Tak bisa disangkal bahwa hidup membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, kehidupan selalu berkaitan dengan keuangan. Pengelolaan keuangan saat ini akan berpengaruh pada kehidupan di masa mendatang. Maka dari itu, persiapkan masa depan Anda dengan pandai-pandai mengatur keuangan di masa kini.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa yang bisa memprediksi, bahkan mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi di masa depan? Saat ini mungkin Anda memiliki harta melimpah sehingga bisa menjalani hidup berkecukupan.

Namun, harus disadari sejak awal ambillah keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan. Ingat, keputusan saat ini akan berpengaruh pada kehidupan di masa yang akan datang. Berikut lima keputusan keuangan yang harus diambil sekarang untuk mencapai kehidupan yang cerah dan ceria di masa mendatang.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
1. Menabung meski hanya sedikit

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Pentingnya menabung sudah disadari oleh banyak kalangan, tapi banyak juga yang urung merealisasikannya. Merasa sayang jika uang hanya disimpan dan dibiarkan ‘menganggur’, sehingga lebih memilih memanfaatkannya untuk hal-hal konsumtif.

Sebenarnya kurang tepat jika uang yang ditabung disebut ‘dana menganggur’, karena uang tersebut akan bermanfaat di masa depan. Oleh sebab itu, sisihkanlah sebagian gaji atau penghasilan Anda meski hanya sedikit untuk ditabung secara rutin. Ingatlah selalu bahwa sedikit demi sedikit uang yang ditabung lama-kelamaan akan menjadi bukit, dalam arti semakin banyak.


2. Segera lunasi utang

Sulit menepis godaan utang, apalagi jika Anda termasuk golongan orang yang konsumtif. Untuk memenuhi ‘nafsu’ belanja yang selalu membara, gaji atau penghasilan habis pun seolah tak menjadi masalah, bahkan jika terpaksa masuk ke lubang utang juga tak merasa terbebani dosa. Tapi, apakah Anda ikhlas jika seumur hidup waktu dan gaji hanya digunakan untuk membayar utang? Tentu tidak kan?

Jika saat ini Anda memiliki utang, maka agendakan untuk segera melunasinya. Memang dibutuhkan komitmen diri yang kuat Anda harus menahan diri untuk tidak bersenang-senang belanja dulu, agar utang yang dimiliki dapat segera dilunasi.

Demikian pula dalam hal menggunakan kartu kredit, kencangkan pengeluaran agar tagihan kartu kredit tidak membengkak dan bisa lebih terkontrol.


3. Mulai berinvestasi

Jika Anda memiliki dana berlebih, akan lebih baik bila digunakan untuk berinvestasi. Ada banyak instrumen yang bisa dipilih untuk berinvestasi, seperti saham, properti, reksa dana, juga emas batangan.

Dalam memilih instrumen investasi, pastikan Anda memahami cara bermainnya. Oleh sebab itu, penting untuk mempelajari kelebihan juga kekurangan dari setiap instrumen investasi yang Anda minati. Dengan demikian, Anda akan mengetahui bahkan meminimalkan potensi risiko yang akan ditanggung.

4. Persiapkan dana pensiun

Sudah banyak terjadi di masyarakat, di mana saat muda berjaya tetapi setelah tua menderita. Hal ini terjadi karena keuangan di masa tua tak setangguh di masa muda. Itulah pentingnya dana pensiun, untuk mempersiapkan kehidupan yang baik di saat usia tak lagi produktif bekerja.

Tak heran jika pemerintah mencanangkan program Jaminan Hari Tua (JHT) yang wajib diikuti oleh perusahaan baik skala besar maupun kecil untuk menjamin kehidupan pegawainya di masa depan.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang berprofesi sebagai wirausaha atau profesional seperti notaris, dokter, dan lainnya, apa bisa mengikuti program JHT? Program JHT hanya salah satu produk yang bisa dipilih untuk persiapan dana pensiun.

Ada beragam produk dana pensiun lain yang ditawarkan oleh perbankan atau perusahaan asuransi yang bisa dipilih. Dengan mempersiapkan dana pensiun, Anda akan bisa menikmati hari-hari tua dengan bahagia.

5. Ajukan kenaikan gaji

Keputusan yang satu ini memang agak sulit dilakukan, tetapi bukan tidak mungkin. Ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan untuk mengajukan kenaikan gaji kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Misalnya masa kerja yang cukup lama atau kinerja yang memuaskan sehingga banyak pencapaian positif yang telah Anda berikan kepada perusahaan. Namun, sebelum Anda mengajukan permintaan kenaikan gaji, pastikan dulu bahwa kondisi keuangan perusahaan memang mumpuni untuk memenuhi keinginan Anda tersebut.

Selain itu, pastikan pula bahwa bos Anda termasuk pimpinan yang mampu menghargai karyawannya. Alih-alih disetujui, justru bisa jadi Anda malah kehilangan pekerjaan. Jangan sampai.

Saatnya memikirkan masa depan 

Keputusan keuangan yang tepat bisa menyelamatkan kehidupan Anda dan keluarga di masa depan. Oleh sebab itu, jangan lagi menunda, ambil keputusan sekarang dan realisasikan. Semoga segala yang telah direncanakan dapat diwujudkan di masa mendatang.  (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya