Delapan Makanan Penting untuk Kulit Sehat

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Memiliki kulit sehat dan bebas masalah tentu tidak bisa didapat hanya dengan berdiam diri. Setiap orang, khususnya wanita, perlu mengusahakannya. Tidak hanya perawatan dari luar, konsumsi makanan juga berpengaruh pada kesehatan kulit.

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade
Christine Bailey, ahli gizi dari The Harley Medical Group mengungkapkan, salah satu cara mudah mendapatkan kulit sehat adalah mengatur sejumlah makanan yang tepat. Berikut ini, beberapa makanan penting untuk kulit sehat dilansir Female First.
 
Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak
Ikan
 
Kreasi Burger Alpukat, Jadi Tren Menu Unik
Anda dapat menutrisi kulit dengan mengonsumsi lemak omega 3 karena mengandung anti-inflamasi. Ikan berminyak dapat ditemui pada ikan makarel, salmon, herring, dan udang. 
 
Alpukat
 
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang mengandung anti-inflamasi dan vitamin E untuk menjaga kulit tampak bercahaya dan segar. Anda juga dapat menambahkan beberapa buah zaitun sebagai sumber lain.
 
Makanan fermentasi 
 
Usus merupakan rumah bagi bakteri yang tak terhitung jumlahnya dan jika ini tidak seimbang maka dapat meningkatkan peradangan dan sulitnya detoksifikasi. 
 
Hal ini sangat relevan jika Anda mengonsumsi makanan fermentasi seperti asinan kubis mentah, kefir, yoghurt dan kombucha yang kaya bakteri baik sehingga membuat kulit jadi lebih sehat.
 
Rempah-rempah
 
Tidak hanya menambah rasa pada makanan, rempah-rempah juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-mikroba. 
 
Anda dapat mengonsumsi atau menambahkan pada makan, seperti kunyit, jahe, bawang putih, kayu manis dan rempah-rempah lainnya untuk makan sehari-hari.
 
Teh hijau
 
Teh hijau terutama matcha bubuk hijau mengandung antioksidan tinggi yang dikenal sebagai katekin. Dikenal karena sifat anti-inflamasi, cobalah mengonsumsi teh hijau 3-5 cangkir sehari untuk mendapatkan khasiatnya.
 
Buah buni
 
Buah buni kaya akan antioksidan dan mampu melindungi kulit dari peradangan. Vitamin C dalam buah buni dapat memproduksi kolagen dan memberikan kulit lebih bercahaya.
 
Sayuran berdaun hijau
 
Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, selada air, dan sawi, semua kaya akan antioksidan dan nutrisi penting bagi kulit. Sebab sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin A dan C yang membantu unuk pencernaan dan detoksifikasi. 
 
Protein
 
Jika Anda mengalami masalah pada jaringan parut, Anda dapat melakukan penyembuhan dengan mengonsumsi banyak protein. Protein sangat penting untuk mendukung penyembuhan pada kulit. 
 
Anda dapat mengonsumsi protein yang di dapat dari, unggas, ikan, makanan laut, kacang-kacangan, dan telur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya