Alphabet, Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Sumber :
  • Businessinsider

VIVA.co.id - Induk perusahaan Google, Alphabet, didapuk menjadi perusahaan paling berharga di dunia setelah mengalahkan Apple dari sisi pendapatan. Dilansir BBC, Selasa 2 Februari 2016, Alphabet mencetak keuntungan sebesar US$4,9 miliar untuk kuartal IV 2015. Nilainya naik dari US$4,7 miliar di tahun lalu.

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat

Pengumuman kenaikan keuntungan tersebut mendongkrak harga saham Alphabet sebanyak sembilan persen pada perdagangan semalam. Artinya Alphabet sekarang bernilai sekitar US$568 miliar, melampaui nilai Apple yang sebesar US$535 miliar.

Alphabet memisahkan hasil pendapatan Google business, yang di dalamnya termasuk mesin pencarinya dan Youtube, dengan "Other Bets" business, yang mencangkup usaha seperti mobil otomatis dan program balon internet.

Secara tahunan, Alphabet menghasilkan US$16,3 miliar. Meski begitu "Other Bets" mengalami kerugian US$3,6 miliar. Sementara pendapatan Google naik menjadi US$23,4 miliar seiring dengan naiknya iklan online.

Apple telah menjadi perusahaan paling berharga di Amerika Serikat (AS) sejak 2010, setelah menggeser Microsoft dari posisi tersebut.

 Rig minyak

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah

Tren ini terjadi jelang pertemuan rutin OPEC di Aljazair bulan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016