Bangun Jaringan Gas, Pemerintah Kucurkan Rp1,3 Triliun

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Untuk meningkatkan ketahanan energi nasional, pada 2016 pemerintah berencana membangun infrastruktur hilir gas di enam kota di Jawa dan Kalimantan, yaitu Batam, Balikpapan, Surabaya, Tarakan, Prabumulih, dan Cilegon. Pemerintah telah menyediakan anggaran untuk pembangunan ini mencapai Rp1,33 triliun.

Dikutip dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rabu 3 Februari 2016, PT Pertamina ditugaskan membangun 40 ribu sambungan rumah tangga (SR) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membangun 49 ribu SR.

Pemerintah juga akan membangun infrastruktur sarana dan bahan bakar gas untuk transportasi dan sistem perpipaan di dua lokasi, yaitu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) online di Kota Prabumulih dan SPBG online di Kabupaten Bekasi dengan anggaran Rp255,63 miliar. Pembangunan sarana ini dilakukan oleh Pertamina.

Selain itu, pemerintah akan mendistribusikan paket konversi BBM ke bahan bakar gas untuk nelayan sebanyak 5.000 paket, dengan dana Rp80 miliar. Rencananya, konverter kit akan dibagikan untuk nelayan di Bekasi, Cirebon, Cilacap, Demak, Karang Asem, Tuban, Jakarta Utara, Pemalang atau Pekalongan dan Lombok Barat.

Sementara itu, konversi BBM ke bahan bakar gas untuk kendaraan sebanyak 1.000 paket dengan anggaran Rp31 miliar, akan dilaksanakan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Pemkab Bogor, Pemkot Balikpapan, Pemkab Subang dan kendaraan umum atau taksi.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016