Penampakan Langka 'Pelangi Api' Muncul di Inggris

Sumber :
  • Twitter/@Michiko_Smith

VIVA.co.id - Penampakan pelangi yang berbeda tersaji di langit Inggris. Awan pelangi yang kemudian dikenal dengan sebutan “pelangi api” muncul di langit West Yorkshire, Inggris. “Pelangi api” tersebut tampak hampir berbentuk lingkaran cahaya, terdiri atas warna biru, ungu, dan orange.

Penampakan itu diabadikan oleh salah satu fotografer bernama Michiko Smith.

Fenomena “pelangi api” itu tergolong jarang terjadi. Penampakan ini terbentuk dalam kondisi Matahari dalam posisi lebih tinggi dari 58 derajat di atas cakrawala. Dalam kondisi itu, saat cahaya sang surya juga setidaknya harus menembus awan cirrus tinggi yang menghasilkan kristal es segi enam pada ketinggian lebih dari 6 kilometer.

Laman Science Alert, Kamis 4 Februari 2016 menuliskan fenomena “pelangi api” itu hal yang umum terjadi di area Amerika Serikat dibanding di Inggris.

"Misalnya di London, tinggi Matahari hanya 140 jam antara pertengahan Mei dan akhir Juli. Sementara itu, di Los Angeles, tinggi Matahari lebih dari 58 derajat untuk 670 jam antara akhir Maret dan akhir September," tulis laporan laman Amusing Planet.

“Pelangi api” secara teknis dikategorikan bukan pelangi, sebab fenomena unik itu terkait dengan cahaya Matahari yang berinteraksi dengan kristal es di awan. Sementara itu, pelangi umumnya terbentuk berkat cahaya yang dibiaskan atau dibengkokkan saat melewati tetesan air, dan dipantulkan kembali dalam berbagai panjang gelombang warna. Dalam “pelangi api”, fenomena ini terbentuk berkat proses penguraian cahaya Matahari.

Cara Tiongkok 'Jinakkan' Cuaca
Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran
Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016