7 Miliarder Ini Dikenal Hemat

Sumber :
  • BusinessInsider
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Berhemat adalah istilah subjektif. Bisa dikatakan seperti memakan makanan murah dan menggunakan penerbangan murah. 

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Namun, untuk beberapa miliarder, atau orang-orang kaya, berhemat adalah dengan bekerja mengenakan t-shirt dan celana jeans, atau mengendarai Toyota atau Volkswagen.

Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
Meskipun, seperti dikutip dari Businessinsider, Selasa 9 Februari 2016, ada juga miliarder yang suka membeli jet pribadi, hidup mewah, dan liburan mewah.

Sejumlah milirader yang hemat itu, ternyata ada di antara sekian banyak orang-orang kaya di dunia, dan masing-masing memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Berikut ini, para miliarder yang dikenal hemat tersebut: 

1. Warren Buffett, pimpinan dan CEO Berkshire Hathaway

Kekayaan bersih: US$60,7 miliar 

Pemilik "Oracle of Omaha" adalah miliarder yang paling bijaksana dan hemat. Meskipun statusnya sebagai orang ketiga terkaya di dunia, ia masih tinggal di 
rumah sederhana yang sama, saat dibelinya pada tahun 1958 seharga US$31.500. 

Buffet juga tidak membawa ponsel, atau memiliki komputer di mejanya. Ia juga dikenal rendah hati. Pada pertemuan pemegang saham tahunan di 2014, Buffett menjelaskan bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh jumlah uang yang dia miliki. 

"Hidup saya tidak bisa lebih bahagia. Bahkan, itu akan menjadi lebih buruk jika saya punya enam atau delapan rumah. Jadi, saya memiliki semua yang saya 
butuhkan untuk memiliki, dan saya tidak perlu lagi karena tidak akan membuat perbedaan," kata dia. 
 
2. Charlie Ergen, pemilik Dish Network 

Kekayaan bersih: US$14,5 miliar

Charlie Ergen adalah pemimpin bisnis yang terkenal hemat, tetapi ia juga dikenal suka menyimpan uang recehan. Ergen mengatakan, ia berhemat karena selalu mengingat nasihat dari ibunya. 

Ia membuat sendiri makan siang, berupa sandiwch sebelum berangkat kerja setiap harinya hingga hari ini. Dia juga kerap berbagi kamar hotel dengan teman-
temannya selama perjalanan. 

3. Carlos Slim Helú, pendiri Grupo Carso

Kekayaan bersih: US$23,5 miliar

Daripada menghabiskan kekayaannya, Carlos Slim mengatakan lebih baik memperbesar perusahaannya dengan berbagai cara.

Dia pernah mengatakan kepada Reuters bahwa kekayaan itu seperti kebun, "apa yang harus Anda lakukan adalah membuatnya tumbuh, menginvestasikan kembali untuk membuatnya lebih besar, atau diversifikasi ke daerah lain."



4. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA

Kekayaan bersih: US$39,3 miliar

Kamprad adalah orang kedua terkaya di Eropa, tetapi Anda tidak akan tahu saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara, dia akan memilih kelas ekonomi, atau makan siang di kantin IKEA. 

Pria berusia 89 tahun ini memiliki kekayaan lebih dari US$39 miliar. Namun, ketika dia pindah rumah ke Swedia pada 2013, setelah menghabiskan 40 tahun di 
Swiss (menghindari pajak yang tinggi, tetap), ia dengan senang hati kembali dalam kehidupan yang sederhana di lingkungan peternakan. 

Pemilik Inditex

5. Amancio Ortega, pendiri Inditex

Kekayaan bersih: US$66,8 miliar

Pendiri Zara baru-baru ini dinobatkan sebagai orang terkaya kedua di dunia. Tetapi, itu mungkin tidak akan mengubah kebiasaan belanja pribadinya. 

Ortega sering melakukan kegiatan bersama istrinya yang kerap dilakukannya sebelum menjadi seperti saat ini. Bersama istrinya, mengunjungi kedai kopi yang sama, dan makan siang dengan karyawan di kantin Zara.

Seperti halnya miliarder Mark Zuckerberg, ia juga mempertahankan pakaian sederhana berupa blazer biru, kemeja putih, dan celana abu-abu setiap  hari. 

6. Azim Premji, ketua Wipro Limited

Kekayaan bersih: US$16,5 miliar

Pria berusia 70 tahun ini memilikia kekayaan senilai US$16,5 miliar, namun itu tidak membuat dia memberhentikan becak saat akan pulang dari Bandara.

Premji juga terbang dengan kelas ekonomi, mendorong mobil bekas, dan selalu mengingatkan karyawan untuk mematikan lampu di kantor.

7. Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook

Kekayaan bersih: US$42,8 miliar

Meskipun statusnya sebagai salah satu mogul (orang penting) dan terkaya di industri teknologi, Mark Zuckerberg memilih gaya hidup sederhana dengan istrinya Priscilla Chan dan putri mereka yang baru lahir. 

Pendiri Facebook ini selalu terlihat mengenakan t-shirt, hoodie, dan seragam sederhana celana jeansnya. "Saya tidak ingin membuat keputusan tentang apa yang saya makan atau apa yang saya pakai. Karena, saya memiliki terlalu banyak membuat keputusan lain," kata Zuckerberg. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya