Empat Cara Bikin Bujet untuk Diri Sendiri

Ilustrasi wisata ke luar negeri
Sumber :

VIVA.co.id - Kesibukan bekerja, dikejar-kejar deadline, hingga mengurus keluarga sungguh melelahkan, sering kali membuat kita tertekan. Waktu seolah habis untuk kerja, kerja, dan terus bekerja, tanpa tersisa mesti hanya untuk sekadar menghela napas.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Boro-boro mau memanjakan diri, untuk bisa tidur nyenyak pun seolah hanya sebatas mimpi yang tak kunjung jadi kenyataan. Untuk mengatasinya, Anda perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau biasa disebut dengan "me time".

Me time merupakan momen penting yang sangat dibutuhkan oleh seseorang untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari dan mengisinya dengan memanjakan diri.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Banyak yang beranggapan bahwa me time merupakan cara efektif untuk meningkatkan kualitas hidup. Pada dasarnya hidup haruslah seimbang, karena dalam menjalani hidup tidak harus selalu diisi dengan terus bekerja. Tetapi, juga perlu bersosialisasi dan bersenang-senang.

Dengan menjalani kehidupan yang seimbang, Anda senantiasa akan menjadi pribadi yang periang dan selalu bersemangat. Bukannya pribadi yang pemarah dan mudah tersinggung.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Meski penting, namun bukan berarti Anda diperkenankan menghalalkan segala cara demi menikmati me time. Artinya, Anda juga harus kontrol diri, agar tidak terjebak dalam perilaku konsumtif, yang bisa berimbas pada kesehatan keuangan Anda. Silakan bersenang-senang dan memanjakan diri, tetapi tetap harus diatur budgetnya.

Baca juga: Lima Peluang Bisnis Menggiurkan di Tahun Baru Imlek

Nah, agar momen me time Anda tetap mengesankan tanpa harus menguras isi kantong, Anda bisa mencoba cara-cara berikut.

1. Tentukan porsi dan alokasi anggaran

Tanpa perencanaan, pengeluaran sering kali tidak terkontrol, sehingga berakibat pada kebocoran anggaran. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengatur bujet khusus untuk menikmati momen me time.

Sisihkan sebagian dari gaji atau penghasilan Anda setiap bulan, misalnya 10 persen. Dari porsi anggaran yang telah ditetapkan, selanjutnya buatlah rincian tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk mengisi momen me time. Misalnya shopping, salon dan spa, dinner di restoran, nonton di bioskop, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini Peruntungan 12 Shio di Tahun Monyet Api di Hari Raya Imlek 2016

Dari ilustrasi di atas tampak bahwa dari anggaran yang ditentukan dengan alokasinya masih terdapat selisih. Meski telah dianggarkan, namun penggunaan budget me time tentu tak harus dihabiskan.

Akan lebih baik jika masih ada sisa, sehingga bisa digunakan untuk menambah anggaran me time di bulan berikutnya. Mengingat, kegiatan untuk mengisi me time setiap bulannya belum tentu sama, sehingga bisa jadi anggaran yang dibutuhkan untuk me time berikutnya lebih besar dari bulan sebelumnya.

2. Refreshing mengelilingi kota dengan sepeda motor

Me time tidak harus diisi dengan melakukan kegiatan yang membutuhkan banyak biaya. Dengan biaya rendah pun, Anda bisa menikmati me time yang menyenangkan. Dengan refreshing mengelilingi kota menggunakan sepeda motor misalnya.

Menikmati pemandangan di setiap sudut kota yang mungkin belum pernah Anda jamah, bisa memberikan pengalaman baru yang mengesankan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana tenang dengan beristirahat di taman-taman kota yang bersih. Hirup udara segar secara gratis dan cobalah untuk relaks.

Baca Juga: Lima Tips Belanja Cermat dan Hemat Saat Imlek

3. Manfaatkan gawai yang dimiliki

Anda pasti punya gawai kan? Ponsel pintar, atau PC tablet. Nah, Anda bisa memanfaatkan gawai berteknologi canggih tersebut untuk mengisi momen me time Anda. Ada banyak aplikasi dalam gawai yang bisa Anda nikmati. Misalnya mulai dari game gratisan hingga game online, media sosial, ebook, karaoke, dan lain sebagainya.

4. Menonton film DVD

Nah, kegiatan yang satu ini selain mengasyikkan juga bisa menambah referensi film-film favoritmu, menonton DVD secara maraton di rumah. Ketika menjalani rutinitas sehari-hari, praktis Anda tentu tidak memiliki waktu untuk menonton film dengan nikmat dan santai.

Sebab itu, jika Anda hobi menonton film, kegiatan ini bisa mengisi momen ‘me time’ Anda. Dari sisi bujet, tentu saja akan jauh lebih murah meriah.

Isi momen me time secara positif

Hidup yang berkualitas apabila diisi dengan hal-hal yang positif dan pastinya seimbang. Ada kala untuk bekerja, ada kala pula untuk memanjakan diri. Momen me time yang diisi dengan kegiatan bermanfaat dapat menyehatkan fisik, psikologis, dan tidak mengganggu kondisi finansial. Jadi, manfaatkan momen itu secara maksimal.

Baca Juga: 11 Tradisi-Tradisi Unik Saat Imlek

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya