Menteri Rini Akan Turunkan Bunga Deposito Bank BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno menyatakan akan mengikuti kebijakan Pemerintah untuk menurunkan suku bunga deposito tidak jauh dari angka inflasi. Ia mengatakan perbankan BUMN bisa saja menurunkan batas atas bunga deposito hingga satu digit.

"Iya (bisa) dari double ke single digit. Jelas, kita akan ikuti program Pemerintah. Langkah-langkahnya sedang difinalisasi. Pak Menko (Darmin Nasution) sudah jelaskan," kata Rini di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis 18 Februari 2016.

Ia mengatakan, pihaknya akan merapatkan lagi ihwal penurunan suku bunga tersebut dengan berbagai elemen, dan keputusan penurunan suku bunga tersebut akan dikeluarkan pada Senin depan,

"Nantinya bertahap. Rapat lagi Senin. Insya Allah keputusannya Senin," kata Rini.

Rini mengatakan, bahwa hasil keputusan mengenai batas atas bunga deposito tersebut akan berupa komitmen yang disepakati oleh Pemerintah, BUMN, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dijelaskannya, kebijakan tersebut cukup hanya berupa komitmen dari pemangku kepentingan tanpa harus menggunakan surat keputusan atau instrumen kebijakan resmi lainnya.

"Komitmen saja, kan akhirnya keputusannya tidak terlepas dari bunga depositonya. Menghitung dari suku bunga BI  juga, komitmen OJK juga. Itu nanti akan menyeluruh," kata dia.
 

Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Sowan ke Menko Darmin
Menteri BUMN Rini Soemarno

Terobos Pendemo, Menteri Rini Naik Motor Patwal

Agenda rapat di Kementerian Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016