Tujuh Cara Jitu Menghemat Pengeluaran Kebutuhan Bayi

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic

VIVA.co.id -  Biaya kebutuhan bayi memang tidak murah. Ada banyak sekali hal yang harus dibeli dan dipenuhi untuk keperluan si buah hati. Tidak jarang hal ini menimbulkan masalah dalam keuangan karena tidak adanya rencana dan pengaturan keuangan yang tepat.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Memang sulit mengontrol keinginan untuk membeli peralatan dan kebutuhan si kecil terlebih lagi apabila baru menjadi orangtua.

Keinginan untuk membeli peralatan bayi biasanya sangat besar dan sangat sulit untuk ditahan. Itulah kenapa perlu belajar agar dapat menghemat pengeluaran saat membeli kebutuhan bayi demi kelancaran finansial.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Membeli kebutuhan untuk bayi, sebenarnya sama dengan membeli kebutuhan untuk orang dewasa. Anda hanya perlu membeli apa saja yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan. Jadi jangan menjadi gelap mata saat melihat beragamnya peralatan bayi yang Anda lihat di pusat perbelanjaan.
 
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Tetap fokus pada apa yang dibutuhkan agar pengeluaran tidak membengkak. Berikut beberapa hal mudah yang bisa dilakukan agar bisa memenuhi kebutuhan si kecil tanpa harus membuat pengeluaran membengkak.
 
 
1.     Buat daftar belanja 
 
Untuk menahan keinginan membeli barang-barang yang tidak perlu, membuat daftar belanja sangatlah diperlukan. Buatlah daftar barang-barang yang harus dibeli karena memang dibutuhkan sebelum pergi berbelanja.
 
Saat sampai di pusat perbelanjaan tidak akan mudah tergoda dengan barang-barang yang ditawarkan oleh penjual. Anda tetap fokus pada daftar belanjaan yang sudah Anda buat, sehingga keuangan pun tetap stabil karena sudah ada budget yang ditargetkan untuk memenuhi belanja tersebut.
 
Jika masih bingung barang-barang apa yang harus dibeli karena baru pertama kali menjadi orangtua, Anda bisa meminta saran dari saudara atau teman yang memang sudah berpengalaman.
 
2.     Lakukan seperlunya
 
Jangan terlalu berlebihan saat berbelanja. Belilah barang-barang tertentu yang memang diperlukan saja dan tidak perlu membeli dalam jumlah yang banyak. Bayi Anda nantinya akan tumbuh besar sehingga barang-barang yang digunakan saat bayi pun tidak perlu berlebihan.
 
Pakaian yang dibeli juga secukupnya saja tidak perlu memenuhi lemari dengan pakaian bayi. Toh nanti juga pakaian tersebut hanya akan dipakai dalam waktu beberapa bulan saja kan?
 
 
3.     Meminta hibah dari saudara
 
Jika saudara Anda punya barang-barang perlengkapan bayi yang sudah tidak dipakai lagi, tidak ada salahnya jika Anda meminta barang tersebut dihibahkan. Selama barangnya masih bisa dipakai dan tidak rusak, tidak ada salahnya jika Anda menggunakannya. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli terlalu banyak perlengkapan karena bisa memakai perlengkapan bekas yang masih bagus.
 
4.     Manfaatkan kado
 
Bayi yang baru lahir biasanya mendapatkan banyak kado. Jika Anda ditanyakan mengenai kado apa yang Anda inginkan, maka katakan saja apa yang belum dimiliki.
 
Tentunya kado juga harus masuk akal dan tidak terlalu membebani pihak yang memberi kado. Dengan memberitahu apa yang diperlukan, otomatis pengeluaran untuk kebutuhan bayi dapat dipangkas karena Anda sudah mendapatkannya dari pemberian teman dan saudara.
 
5.     Beli perlengkapan bekas
 
Jika tidak berhasil mendapatkan hibah dari saudara, Anda bisa mencari perlengkapan bayi bekas di toko online. Membeli barang bekas dapat membantu menghemat pengeluaran karena harganya lebih murah. Selama barangnya masih bagus, barang bekas pun bisa menjadi pilihan yang tepat.
 
 
6.     Manfaatkan diskon
 
Promo atau diskon yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan yang menjual perlengkapan bayi harus dimanfaatkan dengan baik. Meskipun ada banyak diskon yang ditemukan, pastikan untuk tetap fokus pada daftar belanjaan agar tidak membuat pengeluaran membengkak.
 
Jangan terbuai dengan banyaknya diskon dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Terkadang pusat perbelanjaan juga bekerja sama dengan bank-bank penyedia kartu kredit sehingga Anda bisa memanfaatkan promo dan bonus yang ditawarkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih sambil tetap berhemat.
 
7.     Sewa perlengkapan bayi
 
Daripada membeli perlengkapan mahal yang hanya digunakan sebentar, sewa bisa menjadi solusi yang tepat. Ada banyak penyewaan perlengkapan bayi yang bisa ditemukan di sosial media sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli perlengkapan bayi yang mahal.
 
Penuhi kebutuhan buah hati dengan hemat
 
Menghemat pengeluaran untuk kebutuhan bayi itu mudah, bukan? Anda hanya perlu melakukan perencanaan yang tepat serta strategi yang jitu agar keuangan tetap stabil dan kebutuhan buah hati terpenuhi. Jadi, memenuhi kebutuhan bayi tidak harus boros bukan?
 
(ase)
 
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya