Terekam Suara 'Musik' Aneh di Sisi Gelap Bulan

Ilustrasi Bulan dan Bumi
Sumber :
  • BBC

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis dokumen misterius yang selama lebih dari 40 tahun disimpan secara rapat. Dokumen yang dimaksud yaitu rekaman suara aneh, mirip suara 'musik' yang terdengar di area sisi gelap bulan.

Dikutip dari International Business Times, Senin 22 Februari 2016, suara musik aneh yang dimaksud itu terdengar oleh awak misi Apollo 10 yang diluncurkan pada 1969.

Suara 'musik' itu terdengar oleh beberapa awal misi tersebut saat mereka di luar jangkauan siaran komunikasi radio di bumi.

Dokumen tersebut menceritakan, dua bulan sebelum misi Apollo 11 mendaratkan dua awak di permukaan bulan, kru Apollo 10 memasuki orbit satelit bumi itu. Misi memasuki orbit ini disebutkan sebagai 'gladi resik' sebelum mendaratkan awak di permukaan bulan.

Saat itu, kru misi Apollo 10 terdiri dari komandan Thomas P. Stafford, komando pilot modul John W. Young, pilot modul bulan Eugene A. Cernan. Misi 'gladi resik' tersebut berlangsung selama sejam di area sisi gelap bulan.

Nah, saat para kru tersebut di luar jangkauan kontak radio kendali misi NASA di daratan, tiba-tiba terdengar suara aneh masuk. Dalam transkrip yang muncul digambarkan, tiga kru bingung dengan siapa yang dibalik munculnya suara tersebut.

"Anda mendengar suara itu? Itu suara siulan? Whooooooo!" kata salah satu kru.

Kemudian komentar itu dibalas oleh kru lainnya.

"Anda tahu, itu terdengar seperti jenis musik antariksa," kata kru lainnya tersebut.

Kemudian kru satunya menanggapi.

"Saya katakan kepadamu, musik itu sangat aneh," kata dia.

Kru tersebut mengatakan tak seorang pun yang meyakini temuan dan pengalaman aneh mereka.

Menanggapi pengalaman misi kru Apollo 10 itu, astronot Al Worden yang ada dalam tim Apollo 15 meyakini munculnya suara itu menunjukkan ada sumber misteri. Secara logis, Al Worden mengatakan, jika ada sesuatu yang terekam berarti ada sesuatu di sana.

Berbagai dugaan pun muncul menjelaskan fenomena suara 'musik' aneh tersebut. Salah satu penjelasannya yaitu kemungkinan karena ada medan magnetik dan gangguan atmosfer bulan.

Tapi para ahli sejauh ini membantah dugaan tersebut. Ahli mengatakan bulan tak memiliki medan magnetik dan disebutkan atmosfer di satelit bumi itu tak cukup untuk menghasilkan sebuah gangguan. Sampai kini suara 'musik' itu belum bisa dikuak.

Inilah Penjelasan Adanya Gerhana Matahari

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016