Gubernur BI: Sudah Seharusnya Perbankan Turunkan Suku Bunga

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id - Bank Indonesia telah menurunkan tingkat suku bunga acuannya (BI rate)  sebesar 0,50 basis poin dalam dua buan terakhir. Namun, sampai saat ini perbankan nasional masih mempertahankan suku bunga kreditnya.

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Padahal, jika suku bunga kredit perbankan turun, akan ada permintaan pinjaman yang besar untuk program pembangunan infrastruktur dalam negeri. Otomatis, pertumbuhan ekonomi dalam skala nasional pun akan bergerak secara merata.
 
BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
Gubernur BI Agus Martowardojo, Senin 22 Februari 2016, mengungkapkan, jika melihat beberapa indikator perekonomian dalam negeri saat ini, perbankan dalam negeri memang sudah seharusnya menyesuaikan tingkat suku bunga pinjamannya.
 
Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate
"Ada penurunan BI rate dan GWM (Giro Wajib Minimum). Itu akan memungkinkan bank mengelola likuiditasnya lebih baik. Juga, dimungkinkan untuk melakukan penyesuaian untuk bunga pinjaman," ujar Agus, saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta.
 
Agus menjelaskan, berkaca pada pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015 lalu, pemerintah lebih banyak mendorong konsumsi, menarik investasi, serta pembangunan infrastruktur. Tentunya, butuh pembiayaan lebih untuk mengakselerasi rencana itu.
 
Dengan kondisi ekternal yang masih bergerak fluktuatif, peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui serangkaian rencana tersebut pun sangat diperlukan. Apalagi, beberapa indikator perekonomian nasional di awal tahun ini mulai mengalami perbaikan.
 
"Penurunan BI rate dan GWM ini jadi stimulus bagi perbankan, karena domestik sudah mulai membaik," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya