Pasar Fluktuatif, Sampoerna Agro Lakukan Buyback Saham

PT Sampoerna Agro Tbk
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - PT Sampoerna Agro Tbk (berkode saham SGRO) berencana untuk membeli kembali (buyback) sahamnya yang beredar di publik. Rencana buyback tersebut, akan dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Februari hingga 22 Mei 2016.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Direktur Utama Sampoerna Agro, Ekadharmajanto Kasih mengatakan, rencananya perseroan akan menggelontorkan dana sebesar Rp190 miliar untuk membeli sebanyak 94,5 juta saham, atau paling banyak lima persen dari jumlah yang disetor dalam perseroan.

"Buyback dilakukan, karena harga saham perseroan dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Ini akibat kondisi pasar yang berfluktuatif secara signifikan," ujarnya, di Jakarta, Senin 22 Februari 2016.

Pihaknya meyakini, buyback juga akan dapat memberikan fleksibilitas untuk mencapai struktur permodalan yang efisien dan memungkinkan perseroan menurunkan keseluruhan biaya modal, serta meningkatkan return on equity (ROE) secara berkelanjutan.

"Ini juga akan memberikan kami ruang untuk mengelola modal jangka panjang, dengan memperhatikan rencana pengembangan dan ekspansi usaha. Sebab, pelaksanaan buyback akan memungkinkan pengendalian arus kas dengan cara yang efisien," tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, nantinya perseroan akan menyimpan saham yang telah dibeli kembali tersebut sebagai saham treasury stock. Namun, begitu, perseroan sewaktu-waktu bisa mengalihkan saham yang telah di-buyback tersebut, apabila harga saham mengalami peningkatan. (asp)

Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit
Adhi Karya

Banyak Kontrak Mundur, Laba Adhi Karya Turun

Semester II dapat kontrak renovasi stadion Gelora Bung Karno.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016