PGE Unit Kamojang Pasok Uap ke Pembangkit BPPT

Ilustrasi sumur PGE.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Unit Kamojang menjalin kesepakatan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk ujicoba pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas tiga megawatt (MW). Dalam kerja sama  ini, PGE Kamojang akan memasok uap ke pembangkit yang sedang dibangun dan akan diperasikan sendiri oleh BPPT.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
 
General Manager PGE Unit Kamojang Wawan Darmawan mengatakan uap yang akan dialokasikan untuk pembangkit yang  dibangun BPPT berasal dari sumur panas bumi yang dikelola oleh PGE di Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Bappenas: Geothermal Motor Penggerak Ekonomi RI Masa Depan
 
Uap tersebut dijelaskan sebenarnya bukan uap yang terbuang karena PGE menyediakan pasokan uap demi mendukung program BPPT dalam penelitian energi listrik dari energi terbarukan.
10 Tahun ke Depan, RI Bangun Pembangkit Geothermal 7.000 MW
 
"Nanti akan ada semacam titik serah di salah satu tempat seperti yang kami lakukan dengan pihak PT Indonesia Power (anak usaha PLN). Bedanya, kami tidak menjual uap. Ini sebagai satu studi penerapan teknologi pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit skala kecil," ujar Wawan dalam keterangannya, Senin 22 Februari 2016.
 
Menurut dia, pembangkit yang dibangun BPPT masih di dalam wilayah kerja pembangkit listrik panas bumi (PLTP) Kamojang.  BPPT nantinya mengoperasikan pembangkit tersebut, namun akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. 
 
"Karena kapasitasnya masih terbatas dan masih terus dilakukan uji coba, belum ada pembicaraan dengan penjualan listriknya," katanya. 
 
BPPT dijadwalkan  melakukan ujicoba pembangkit tersebut pada Mei mendatang.  Desain rancang bangun pembangkit listrik ini dilakukan langsung oleh BPPT, sedangkan  pembuatan komponen dilakukan PT Nusantara Turbin & Propulsi (NTP), PT Barata Indonesia, dan PT Pindad.
 
Sebagai informasi, lapangan panas bumi Kamojang dikelola Pertamina sejak 1983 merupakan yang terbaik di dunia lantaran uap yang dikeluarkan sangat kering dan kelembabannya sangat rendah.
 
Kondisi uap yang sangat kering dan kelembabannya sangat rendah tersebut memungkinkan uap untuk langsung masuk ke turbin dan tidak perlu chemical treatment demi mendapatkan kualitas uap yang bagus. 
 
Saat ini, PGE Unit Kamojang memiliki dua unit pembangkit yang dikelola sendiri dengan total kapasitas, yaitu unit empat sebesar 60 MW dan unit lima sebesar 35 megawatt. Tiga unit lagi, yaitu unit dikelola oleh PT Indonesia Power. Total pembangit di wilayah kerja panas bumi Kamojang mencapai 235 megawatt.
 
Vice President Operation and Engineering PGE, Eko Agung Bramantyo menambahkan, selain di Kamojang, BPPT juga menjalin kerja sama dengan PGE di Unit Lahendong, Sulawesi Utara. Kerja sama tersebut menggunakan binary system 0,5 MW. 
 
Dalam metode ini yang digunakan adalah brine (air panas) untuk memanaskan fluida kerja yang akan memutar turbin binary. Brine kemudian diinjeksikan kembali ke dalam bumi sesuai operasional yang ada di Lahendong saat ini.
 
"Karena penelitian, tidak ada jual beli dalam kerja sama ini," katanya.
 
Sementara itu menurut Ketua Asosiasi Panas Bumi Abadi Purnomo,  kerja sama PGE dan BPPT sangat positif untuk dapat meningkatkan penguasaan teknologi. Lembaga penilitian/pengembangan tidak ada bisa menguasai teknologi bilamana tidak dibantu oleh industri. 
 
Seperti diketahui, kerja sama BPPT dan PGE sudah dimulai 2010 di Kamojang, dan ada beberapa sumur yang idle baik karena tekanan kepala sumur maupun secara volumetric tidak bisa mendukung pembangkit besar.
 
"Di lain pihak ada kerjasama BPPT, Pindad, dan NTP mengembangkan pembangkit tiga MW yang perlu diuji coba. PGE membantu program tersebut dengan visi agar turbin dan generator bisa diproduksi di dalam negeri. Kerja sama tersebut berlanjut dengan pengembangan turbin ORC (organic rankine cycle)," katanya.
 
Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Suryadarma menilai kerja sama PGE dan BPPT adalah wujud dari upaya membangun kemampuan Indonesia dalam mendirikan industri pembangkit listrik tenaga panas bumi skala kecil baik teknologi condensing maupun binary cycle
 
Sebab, sudah lama digagas Kementrian Ristek dan Dikti agar teknologi ini yang sudah teruji bisa dibangun sendiri dengan kemampuan Indonesia.
 
"Kami mendukung upaya itu. Jika hal ini berhasil tentu saja akan dapat di implementasikan pada PLTP lapangan panas bumi lainnya. PGE sudah lama melakukan kajian untuk dapat memanfatkan sisa panas dari brine pemisahan dari fluida yang dihasilkan. Tetapi belum menemukan suatu pola yang tepat agar bisa optimum dalam pengelolaan lapangan uap panas bumi," tambahnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya