Waspada Bahaya Lilin dan Pengharum Ruangan

Ilustrasi lilin
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ada baiknya Anda berpikir dua kali sebelum membeli lilin aromaterapi, pengharum ruangan dan produk pembersih rumah lain.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
Sebuah studi mengungkapkan bahwa produk-produk beraroma citrus atau jeruk dan pinus bisa menginfus rumah Anda dengan zat-zat kimia beracun. Demikan dilansir dari laman Times of India.
 
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Studi yang belum lama ini dilakukan tersebut mengukur tingkat zat organik volatil di dalam rumah-rumah selama lima hari.
 
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Para peneliti lantas menemukan bahwa tingkat limonene, zat kimia beraroma citrus yang ditemukan di berbagai produk pembersih rumah, pengharum ruangan, lilin dan makanan sangat tinggi di beberapa rumah yang diteliti.
 
Meski hanya sedikit membahayakan kesehatan, limonene sendiri bereaksi dengan ozone dan memproduksi formaldehida, zat karsinogen.
 
Meski begitu, jika Anda gemar menggunakan pengharum ruangan beraroma citrus, Anda tetap bisa menggunakannya. Namun, pastikan untuk membuka jendela, pintu dan tempatkan sejumlah tanaman di dalam rumah seperti lavender, yang bisa menyerap formaldehida di udara.
 
Para ahli mengatakan aroma terbaik untuk mengharumkan rumah bukanlah aroma citrus segar, namun lavender alami dari tanaman dalam rumah. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya