RESEP: Tergoda Kelezatan Ceker Ayam Pedas Khas Korea

Ceker ayam.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Minum Air Putih Tidak Hilangkan Rasa Pedas
- Meski sering disebut sebagai salah satu hidangan ekstrem oleh masyarakat Amerika dan Eropa, namun ceker ayam lazim dikonsumsi di banyak negara Asia. Bahkan hampir seluruh negara di Asia punya bumbu atau saus khas masing-masing, yang biasa dijadikan bahan pembuat hidangan ceker ayam.

Ini Alasan Jangan Minum Air Putih Setelah Makan Cabai
Selain lezat disantap bersama nasi, mi atau sup, ceker ayam juga cocok dinikmati sebagai camilan. Mungkin ceker ayam bagi masyarakat Asia layaknya chicken wings atau sayap ayam bagi orang Amerika, yang umum disantap saat waktu santai.

Kedahsyatan Rasa Pedas Ceker Teroris di Surabaya
Cara mengolahnya sedikit tricky, karena jika salah olah ceker bisa kurang matang atau sedikit amis. Meski begitu, secara keseluruhan, ceker terbilang cukup mudah dimasak.

Salah satu negara yang juga terkenal dengan hidangan ceker ayamnya adalah Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, ceker ayam biasa disajikan bersama bumbu cabai yang super pedas. Penggunaan kecap asin, saus tiram, saus hoisin dan biji wijen juga membuat sajian satu ini begitu digemari.

Nah, jangan melulu menggoreng ceker ayam. Tak ada salahnya sesekali mencoba mengolahnya dengan bumbu khas Korea yang pedas. Berikut ini adalah resep lengkapnya, seperti dilansir dari Spark Recipes.

Ceker ayam pedas khas Korea

Bahan-bahan

-900 gram ceker ayam (sekitar 32 potong)
-Garam secukupnya
-1/3 cangkir air
-Minyak sayur secukupnya
-6 lembar potongan jahe tipis
-1/3 cangkir kecap asin
-1/4 cangkir gula
-2 cabai kering yang telah dihancurkan
-2 sdm saus tiram
-2 sdm saus hoisin
-2 buah bunga lawang
-1 batang kayu manis
-1 cangkir potongan daun bawang
-1 sdt biji wijen sangrai

Cara membuat

1. Cuci bersih seluruh ceker ayam dan lumuri seluruh permukaannya dengan garam hingga rata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Didihkan air di dalam panci berukuran besar, lalu masukkan ceker ayam dan garam secukupnya. Masak kurang lebih selama 1 1/2 jam. Angkat dan tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak di dalam penggorengan dengan api besar. Masukkan ceker ayam dan masak hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan.

4. Masukkan kecap asin, saus hoisin, saus tiram, gula, cabai, bunga lawang dan kayu manis. Aduk rata dan tutup wajan. Masak selama 10 menit.

5. Buka tutup wajan dan terus masak ceker hingga hampir kering. Aduk agar seluruh bumbu melapisi seluruh permukaan ceker ayam dengan rata.

6. Sajikan selagi hangat bersama taburan potongan daun bawang dan biji wijen sangrai.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya