Punya Wisata Andalan, Purwakarta Targetkan 3 Juta Wisatawan

Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jay Bramena

VIVA.co.id - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan. Data Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (Dishubparpostel) terdapat 20 ribu wisatawan baik asing maupun domestik yang berkunjung ke Purwakarta setiap minggunya.

Fenomena baru Purwakarta sebagai destinasi wisata ini tidak lepas dengan keberadaan Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja, yang menjadi ikon pariwisata kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat itu.

Menanggapi membludaknya jumlah wisatawan, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengatakan, semakin banyak wisatawan yang datang ke Purwakarta, roda perputaran ekonomi akan semakin kencang berjalan. Arus perputaran uang yang begitu masif berimplikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta.

"Ya, bagus kan nanti wisatawan bisa jajan dan menghabiskan uang di Purwakarta, ini positif untuk perekonomian," kata Dedi, saat dihubungi di Purwakarta, Sabtu 27 Februari 2016.

Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini mengharapkan tiga juta orang wisatawan akan berkunjung ke Purwakarta tahun ini. Jumlah tersebut, berdasarkan analisa target wisatawan pemerintah daerah.

"Tiga juga orang wisatawan, saya kira bukan target yang muluk, sudah kami hitung dan jumlah tiga juta sangat rasional," ucapnya.

Bahasa Jadi penghambat Pariwisata di Indonesia

Dedi menceritakan, tentang wisata kuliner yang menjadi salah satu andalan kabupaten Purwakarta. Total omzet setiap minggu para pedagang di wisata kuliner "Tjeplak" Gedung Kembar mencapai Rp120 juta setiap malam minggu.

"Coba bayangkan dalam satu bulan mereka empat kali membuka lapak dagangannya, nah dari sini bisa lahir ekonomi kreatif," ujar Dedi.

Sementara itu, pihak bidang pariwisata Purwakarta, Asep Supriatna menjelaskan, target tiga juta wisatawan sudah menjadi proyeksi utama. Pihaknya akan terus melakukan pengadaan fasilitas penunjang kepariwisataan baik secara suprastruktur maupun infrastruktur.

"Tourist Information sudah kami sebar di beberapa titik di Purwakarta, itu salah satu ikhtiar kami memberikan pelayanan kepada wisatawan. Ke depan, akan kami siapkan juga fasilitas penunjang lain, agar ada kesan nyaman bagi siapapun yang berkunjung ke Purwakarta," katanya.

Laporan: Jay Bramena/Purwakarta

Ilustrasi Kamar Hotel.

Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah

Salah satunya ada di London, Inggris.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016