OPEC Stop Produksi, Harga Minyak Bisa US$50 per Barel

Rig minyak
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Negara-negara eksportir minyak dunia OPEC tengah melakukan perundingan untuk mengurangi produksi minyak dunia yang melimpah hingga menyebabkan harga minyak terus menurun.  

Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
 
Dilansir CNBC, Senin 29 Februari 2016, Menteri Minyak Nigeria, Emmanuel Ibe Kachikwu, mengatakan Menteri Energi Qatar dan Presiden OPEC sedang melakukan banyak pembicaraan, memimpin pakta, dan banyak membangun konsesus tentang penghentian produksi. 
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
 
"Arab Saudi dan Rusia setuju pada isu penghentian, jadi saya pikir kemungkinannya sangat tinggi," kata Kachikwu, yang merupakan anggota OPEC.
Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
 
Selama ini Menteri Arab Saudi menyuarakan perlawanan keras terhadap pemangkasan produksi minyak. 
 
Menurutnya penghentian ini merupakan bagian dari proses dan itu berarti meminta produsen-produsen minyak besar untuk setuju tidak menambah produksi. Sebagai akibatnya, cadangan minyak dunia mungkin akan menurun pada saatnya. 
 
"Ini membutuhkan waktu. Ini bukan seperti memangkas produksi. Itu tidak akan terjadi karena tidak banyak negara melakukan itu," ucapnya. 
 
Kachikwu yakin OPEC akan mendorong penghentian produksi minyak. Dia mengharapkan bila itu terjadi harga minyak akan berada di sekitar US$45-50 per barel. 
 
Pada perdagangan Jumat, minyak mentah Brent ditutup turun 10 persen di atas US$35 per barel. Harga minyak dunia telah menyentuh level terendah di US$28 per barel. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya