Sosialisasi Empat Pilar MPR Lewat Wayang Kulit

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma
Sumber :

VIVA.co.id – Taman Kota Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada akhir Februari 2016, dipenuhi oleh ratusan pecinta wayang yang datang dari Kabupaten Banyumas dan daerah sekitarnya untuk menyaksikan acara pagelaran wayang kulit.

Pesan Menteri Desa kepada Santri

Tepatnya Jum’at malam, 26 Februari2016, bertepatan dengan perayaan HUT ke-445 Tahun Kabupaten Banyumas, MPR RI bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka mensosialisasikan Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada malam itu mengadakan acara pagelaran wayang kulit semalam penuh, dengan dalang Ki Yakut Jedher dan Ki Bagas Kriswanto dengan lakon ‘Mbangun Taman Maerokoco’.

Pagelaran Wayang itu mampu menyita perhatian dan antusiasme masyarakat setempat. Antara lain jajaran Pemkab Banyumas mulai dari Bupati Achmad Husein, Kapolres, Dandim, hingga para Camat, Kepala Desa turut hadir pada acara tersebut. Selain itu sejumlah anggota MPR RI juga terlihat hadir. Mereka adalah, Hj. Novita Wijayanti, SE., MM.(Fraksi Gerindra di MPR), Drs. Mohamad Toha, M.Si., (Fraksi PKB di MPR), M. Martri Agoeng, SH. (Fraksi PKS di MPR), dan Achmad Mustaqim, SP., MM. (Fraksi PPP di MPR).

Niai-nilai dalam Pancasila Harus Diperjuangkan Bersama

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, SH., MH saat menyampaikan sambutannya mengucapkan selamat kepada Kabupaten Banyumas yang merayakan hari jadinya ke-445, dan mengatakan pagelaran wayang kulit adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Disampaikan juga bahwa pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar tontonan namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Dipusatkan di Bandung

Ma’ruf mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini termasuk kepada awak media, lalu menutup sambutannya dengan membaca puisi Manifesto Ini Baru Indonesia. “Mari kita saksikan pagelaran wayang kulit ini, terus jaga dan laksanakan nilai-nilai luhur bangsa," ujar putra asal Banyumas itu.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi melalui wayang sangat strategis. Apalagi masyarakat Banyumas sangat menyenangi kesenian wayang. "Mudah-mudahan pagelaran wayang Empat Pilar ini membuat masyarakat Banyumas semakin memahami makna Empat Pilar," uja rAchmad Husein.

Mewakili Pimpinan MPR RI, anggota fraksi PPP di MPR RI Achmad Mustaqim dalam sambutannya dan sekaligus membuka pagelaran wayang ini mengucapkan terima kasih pada Sekretariat MPR RI yang telah menggelar pagelaran wayang kulit ini. Diharapkan dengan sosialisasi Empat Pilar masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai luhur. Dikatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar sehingga kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengingat Empat Pilar. "Sosialisasi ini penting tak hanya tingkat nasional namun juga harus sampai pedesaan," ujarnya. (rin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya