Sekolah Ini Hanya "Dihuni" Seorang Guru dan Satu Siswa

Seorang guru Liu Zhaoming (kiri) dan murid tunggalnya, Liu Jiankang
Sumber :
  • http://shanghaiist.com

VIVA.co.id - Banyak cerita yang selalu kita dengar, jika banyak anak yang tidak dapat bersekolah karena tidak ada biaya. Namun, di China, terdapat sekolah dengan fasilitas lengkap namun hanya "dihuni" oleh seorang orang guru dan satu orang murid saja.

Ratusan Meja SMKN Ditarik Gara-gara Tunggak Bayar

Dilansir Shanghaiist, Senin, 29 Februari 2016, Taohuagou Teaching Academy, nama sekolah tersebut terletak di sebuah pedesaan di Provinsi Hubei, China. Lembaga pendidikan ini hanya diisi satu orang guru bernama Liu Zhaoming dan murid tunggalnya adalah Liu Jiankang.

Zhaoming mengatakan, Taohuagou Teaching Academy sebelumnya memiliki 300 murid dan 30 tenaga pengajar. "Sebagian besar anak-anak di daerah tersebut, telah dibawa ke kota-kota besar oleh orangtua mereka di mana mereka mencari kesempatan kerja yang lebih baik,” ungkap Zhaoming.

Empat Perjalanan Ekstrem Menuju ke Sekolah

Sementara Jiankang, satu-satunya murid yang tersisa itu, ditinggal oleh orangtuanya yang mengadu nasib ke kota. Urbanisasi adalah program Pemerintah China untuk mendorong warganya beramai-ramai bekerja di kota.

(mus)

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang
Sekolah tak layak.

Catatan Relawan, Membantu Sekolah Tak Layak di Sumba

Para guru tanpa honor itu menitikkan air mata melihat kami.

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2017