Film Indonesia Gagal Bawa Pulang Piala Oscar

Kru film Senyap (The Look of Silence)
Sumber :
  • REUTERS/Danny Moloshok

VIVA.co.id - Film produksi Indonesia yang masuk dalam nominasi ajang bergengsi Academy Awards ke-88 yang dihelat di Los Angeles, California, Senin, 29 Februari 2016 gagal membawa pulang piala Oscar.

Intip Menu Jamuan Makan Malam Oscar 2016
 
Berjudul Senyap (The Look of Silence), film itu masuk ke dalam nominasi kategori Film Dokumenter Terbaik, namun kalah dengan film berjudul Amy yang bercerita mengenai perjalanan hidup mendiang penyanyi Amy Winehouse.
DiCaprio, Nominasi Pria Oscar 2016 Berpenghasilan Tertinggi
 
Film arahan sutradara asal AS, Joshua Oppenheimer sendiri bercerita mengenai peristiwa yang pernah menorehkan luka yang mendalam bagi bangsa Indonesia, yakni pembantaian massal era G30S/PKI.
Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2016
 
Dalam film tersebut, diceritakan kehidupan seorang pria Indonesia yang keluarganya dituduh sebagai anggota PKI di era tahun 1965. Pria bernama Adi yang berprofesi sebagai penjual kacamata itu pun mencari informasi dengan mewawancarai pembantai-pembantai yang mengeksekusi sang kakak saat peristiwa G30S/PKI silam. Demikian dilansir dari Reuters.
 
Proses pembuatan film seperti pengambilan gambar dilakukan di Sumatera Utara, bertepatan dengan proses pembuatan Jagal (The Act of Killing), yang mana merupakan prekuel Senyap. Jagal sendiri juga pernah masuk ke dalam nominasi Oscar untuk kategori yang sama pada tahun 2014 lalu.
 
Sayangnya, film Senyap, yang co-produsernya adalah orang Indonesia ini dilarang diputar di Tanah Air, karena dianggap memiliki terlalu banyak konten yang menyoroti salah satu periode kegelapan dalam sejarah Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya