Korsel Siapkan Misi ke Bulan

Ilustrasi misi Korea Selatan di bulan
Sumber :
  • www.geek.com

VIVA.co.id - Korea Selatan ingin meningkatkan kemampuannya dalam bidang antariksa. Negeri Ginseng tersebut merencanakan akan mendaratkan kendaraan robotik di permukaan bulan pada 2020. 

Misi pendaratan kendaraan ke permukaan bulan itu akan disertai dengan peluncuran satelit yang akan berjaga di sekitar orbit satelit bumi tersebut. Menurut rencana, dikutip Geek, Selasa, 1 Maret 2016, dalam program antariksa itu, Kementerian Sains Korea Selatan akan meluncurkan sekaligus kendaraan pendarat dan pesawat satelit.

Satelit akan bertugas menglola komunikasi dengan robot pendarat. Sedangkan di permukaan, robot pendarat bertugas mencari mineral langka yang bisa dipakai untuk mendukung misi ke bulan di masa depan.

Untuk mencapai ambisi tersebut, Kementerian Sains Korea Selatan pada tahun depan akan mengembangkan satelit dan kendaraan pendarat robotik tersebut.

Guna menjalankan misi pendaratan tersebut, program antariksa Korea Selatan sudah mengalokasikan dana lebih US$600 juta untuk misi bulan masa depan. Jumlah alokasi itu, naik 20 persen dari pendanaan program antariksa Korea Selatan selama ini.

Meski bertekad mandiri menggunakan teknologinya dalam mendukung misi pendaratan tersebut, tapi Korea Selatan juga telah membuat kesepakatan dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk kerja sama teknologi. Kemitraan tersebut, tulis Geek, akan makin membuat misi pendaratan di bulan Korea Selatan akan lebih layak.

Ambisi Korea Selatan itu menambah ramai persaingan misi di bulan. Diketahui selama ini misi yang sukses mendarat di bulan yaitu Amerika Serikat dengan misi Apollo beberapa dekade lalu. Negara Asia tak ketinggalan ingin mencetak sejarah seperti AS. China telah berhasil mendaratkan kendaraan penjelajah robotiknya di permukaan bulan beberapa tahun lalu.

Kini negara lain yang sedang mempersiapkan mendaratkan misi tak berawak ke bulan yaitu India, yang dijadwalkan pada 2017, dan Jepang direncanakan akan mendaratkan misinya pada 2018.

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

(mus)

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016