Alasan Mengapa Lampu Diredupkan Saat Pesawat akan Mendarat

Ilustrasi pesawat terbang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Aturan meredupkan lampu ketika pesawat akan mendarat adalah ukuran keamanan yang membingungkan banyak orang. Tak sedikit penumpang yang bertanya-tanya apa alasan lampu di dalam pesawat selalu diredupkan menjelang waktu pendaratan.

Seluruh Wahana di Tamah Hiburan Ini Dibuat Satu Orang
Banyak yang mengira itu dilakukan agar para penumpang meletakkan buku atau telepon mereka, dan memperhatikan proses pendaratan. Ada pula yang berpendapat bahwa meredupkan lampu hanyalah cara staf maskapai penerbangan memastikan akhir perjalanan udara yang dramatis ketika akhirnya mendarat.
 
Pengait Unik untuk Memudahkan Membawa Koper di Bandara
Namun, seorang pilot mengungkap fakta dibalik hal tersebut. Menurut dia, kondisi lampu yang redup saat pesawat akan mendarat jauh lebih penting dari yang dibayangkan orang.
 
Enam Hal yang Bisa Membuat Anda Diusir dari Pesawat
Dilansir dari Times of India, pilot bernama Chris Cooke mengatakan bahwa prosedur tersebut adalah tindakan pencegahan yang memungkinkan mata penumpang untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan jauh lebih cepat. Ini dilakukan kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam proses pendaratan dan evakuasi mendadak dibutuhkan.
 
"Bayangkan berada di sebuah ruangan terang yang dipenuhi banyak barang, lalu tiba-tiba seseorang mematikan lampu dan meminta Anda keluar dengan cepat," kata Cooke.
 
Ia menambahkan bahwa penumpang juga diminta untuk membuka penutup jendela pesawat karena alasan yang sama. Penutup jendela yang terbuka dapat mendatangkan cahaya alami. Ini akan sangat berguna dalam memandu pendumpang untuk menyelamatkan diri, ketika misalnya lampu tiba-tiba mati total. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya