Harga Melonjak, Kementan Tegaskan Tak Ada Impor Bawang Merah

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau panen raya bawang merah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Januar

VIVA.co.id - Jumlah pasokan kebutuhan pokok, terutama bawang merah, dikhawatirkan semakin berkurang, seiring dengan puncak musim penghujan mulai tiba.

Hujan Lebat, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ditutup
Jumlah pasokan yang minim, biasanya berimbas pada melambungnya harga bahan pokok tersebut.
 
Ini Pemicu Harga Bawang Merah dan Cabai Meroket
Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono, mengatakan stok bawang merah untuk Maret telah tercukupi. Di mana, prediksi kebutuhan pada bulan ini sekitar 80.048 ton dan produksi tersedia adalah 89.991 ton.
 
Sedia Payung, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Sepanjang Hari
“Ini memadai, antara produksi dan kebutuhan Maret,” ujar Spudnik, saat konferensi pers di Gedung Dirtjend Hortikultura, Jakarta Selatan, Selasa 1 Maret 2016.
 
Namun, diketahui harga bawang merah di pasaran sudah lebih dari Rp35 ribu per kilogram (kg). Spundik menyebut, dia bersama timnya telah menyelidiki apa yang terjadi.
 
Fakta di lapangan, dia menemukan bawang merah sangat berlimpah, tidak ada kekurangan. Hanya saja, inventor, atau pedagang besar yang menahan pasokan, agar bawang merah tidak disebarkan.
 
“Kenapa harga naik? Barang (bawang merah) itu ada, ternyata para inventor menahan, dan saya tanya,kenapa? Ternyata mereka mendesak agar ada impor, saya tegaskan, tidak akan ada impor,” ucap Spundik.
 
Guna mengantisipasi hal itu, dia merencanakan untuk mendanai para ‘champion’, atau para petani, yang kemudian dididik untuk menghasilkan bawang merah untuk pasokan kebutuhan Indonesia.
 
Wilayah yang akan didanai adalah petani-petani dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Minahasa, dan Bima.
 
Spundik menambahkan, pemerintah akan mengusahakan harga bawang merah di tingkat enceran tidak melebihi Rp26 ribu per kg.
 
“Kami akan usahakan kurang dari Rp25-26 ribu per kg,” katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya