Cara Buat Pesta Pernikahan Outdoor Bermodal Minim

Ilustrasi pernikahan outdoor
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Salah satu momen terpenting dalam hidup seseorang adalah pernikahan. Hal ini, tentunya membuat setiap pasangan yang akan menikah ingin membuat pesta pernikahan spesial yang tak terlupakan.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Sebagian menganggap pernikahan spesial, merupakan pernikahan yang sederhana dan hanya mengundang sebagian kecil orang, namun sebagian lain berkata sebaliknya.

Berbagai cara dilakukan oleh banyak pasangan untuk membuat pernikahan mereka terkesan meriah dan sangat berkesan. Hal ini mudah dijumpai pada pernikahan selebritis, atau pengusaha-pengusaha terkenal, meski memang tidak semuanya menggunakan konsep pernikahan mewah.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
 
Bagi kita yang memiliki dana terbatas, pernikahan di luar ruangan, atau outdoor merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengadakan pesta pernikahan yang berkesan, namun tidak terlalu membutuhkan banyak modal.
Studi: Tidur Nyenyak Kunci Kebahagiaan Pernikahan
 
Salah satu alasan utama pernikahan outdoor lebih hemat adalah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk dekorasi gedung. Selain itu, bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan outdoor berkesan, tetapi ingin mengadakannya dengan modal minim, coba simak lima cara berikut:
 
1. Gunakan sponsor untuk beberapa keperluan pernikahan
 
Mungkin kamu pernah mendengar beberapa selebriti menggunakan sponsor dalam pernikahannya. Kamu juga bisa menggunakan sponsor untuk mendapatkan biaya yang lebih murah dalam jasa-jasa keperluan pernikahan tertentu, seperti katering, atau desain kartu undangan.
 
Kamu bisa mengijinkan vendor jasa tersebut untuk menyertakan logo mereka di kartu ucapan terima kasih kepada kamu dan meminta MC pernikahan mengucapkan nama mereka di pembukaan pesta pernikahan. 
 
 
2. Jangan beli, atau mendesain baju pengantin sendiri
 
Baju pengantin merupakan baju yang hanya dipakai sehari seumur hidup. Daripada membuat sendiri baju pengantin yang harganya tentu akan mahal, kamu bisa memilih jasa penyewaan baju pengantin terpercaya. Beberapa pasangan juga ada yang mendapatkan warisan baju pengantin dari generasi sebelumnya, sehingga pernikahan justru menjadi lebih berkesan.
 
3. Gunakan koneksi dari kerabat atau teman untuk pengisi acara
 
Kalau kamu punya kenalan saudara atau teman yang jago main musik atau pintar membawakan acara, cobalah minta bantuan mereka untuk mengisi acara. Kamu bisa bernegosiasi dengan saudara dan teman-teman kamu tersebut.
 
Misalnya, sebagai ganti hadiah pernikahan, mereka dapat perform di acara pernikahan kamu sebagai band pengiring pernikahan atau MC.
 
 
Selanjutnya cara keempat dan kelima...
 
 
4. Gunakan jasa katering saudara atau teman dekat untuk mendapatkan harga yang lebih murah
 
Biaya makanan merupakan salah satu komponen biaya termahal dalam biaya pernikahan. Jika kamu memiliki kenalan yang memiliki bisnis catering makanan, cobalah bernegosiasi dengan dia untuk mendapatkan paket khusus pernikahan. Alternatif lain, bisa juga kamu mengingklankan jasa kateringnya di kartu undangan kamu atau kartu ucapan terimakasih kepada tamu undangan.
 
5. Batasi tamu yang diundang ke pesta pernikahan
 
Ya, cobalah untuk membatasi tamu undangan. Mungkin karena tidak enak, kamu mengundang seluruh orang, beserta keluarga masing-masing, seluruh kenalanmu, kenalan pasanganmu, kenalan dari saudara-saudara, dan kenalan dari mama dan papa.
 
Pernikahan akan lebih berkesan, jika dirayakan bersama dengan orang-orang yang kalian kenal lebih dekat. Jadi, coba seleksi jumlah tamu yang akan diundang dan sebaiknya hanya undang yang cukup dekat saja.
 
 
Kalau kamu sedang membutuhkan dana tambahan untuk melangsungkan pernikahan, kamu bisa coba memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan. Namun, gunakan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan agar jangan sampai malah terlilit utang setelah menikah.
 
Gunakan situs pembanding produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.
 
(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya