Tips Mudah Atasi Rambut Kering

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Rambut kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa gatal. Itu akibat kurang aktifnya kelenjar minyak, sehingga tidak mampu menghasilkan minyak yang cukup untuk kulit kepala Anda.

Beberapa alasan lain yang dapat menyebabkannya, penggunaan sampo berbahan kimia, alat pengering rambut, air panas, kekurangan gizi, cuaca ekstrim, kurangnya perawatan rambut dan sebagainya.

Rambut kering dan kasar rentan kusut dan bercabang. Berikut ini tips mudah untuk mengatasi rambut kering, seperti dilansir dari Boldsky.

Gunakan sampo ringan

Pilihlah sampo ringan untuk membersihkan rambut Anda. Sebab sampo berbahan kimia dapat membuat rambut kering. Selain itu, hindari air panas dan lebih memilih air dingin untuk mencuci rambut Anda.

Kondisioner

Mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner. Menggunakan kondisioner secara rutin dapat memberi kelembapan dan mencegah kekeringan rambut.

Hindari styling

Hindari bahan untuk styling rambut, karena dapat mengeringkan rambut dalam jangka panjang. Mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menggunakan pelurus rambut juga dapat mengeringkan rambut.

Gunakan minyak kelapa

Penggunaan minyak rambut dapat menjaga kesehatan rambut. Oleskan sedikit minyak kelapa hangat pada rambut sebulan sekali untuk mendapatkan rambut berkilau dan sehat. Minyak ini juga memberi kelembaban.

Minyak atsiri

Minyak atsiri juga membantu mengobati kulit kepala yang kering. Pilih minyak esensial yang memiliki sifat astringen ini, lalu kombinasikan dengan perawatan minyak hangat untuk hasil terbaik.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut
Wanita dengan rambut keriting

Kenali Regenerasi Alami Rambut

Prosesnya membuang rambut mati dan memberi ruang bagi tiap helai baru.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016