Tiga Hal Ini Jadi Peluang UKM Berkembang

Seorang pekerja merapikan barang dagangannya di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab, ketiganya ini menjadi peluang bagi mereka untuk berkembang.

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
"Tiga hal yang menjadi peluang UKM itu, digitalisasi, urbanisasi, dan globalisasi," kata Executive Director and Chief Executive Officer (CEO) IPMI International Business School, Jimmy M. Rifai Gani, dalam acara "Menentukan Arah Kewirausahaan" di Gedung SMESCO, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2016.
 
Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
Yang pertama, kata Jimmy, adalah globalisasi. Globalisasi menjadi peluang UKM untuk masuk ke jaringan produksi global (global value chain). 
 
Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal
Dia mencontohkan, sebuah perusahaan elektronik, Apple, tidak memiliki pabrik untuk memproduksi gawai (gadget), seperti iPhone. 
 
Apple bekerja sama dengan industri, di mana industri memproduksi gawai Apple. Sementara itu, Apple mengembangkan inovasi teknologinya.

Lalu, peluang yang kedua adalah urbanisasi. Jimmy mengatakan bahwa kini 50 persen orang Indonesia tinggal di kota dan mengubah gaya hidup. 

"Makanya e-commerce (electronic commerce) akan terus maju," kata dia.
 
Jimmy mengatakan, gaya hidup harusnya ditangkap oleh UKM untuk mengembangkan bisnisnya. Setidaknya, UKM masuk ke ranah digital, misalnya ke perdagangan elektronik.
 
"E-commerce harus menjadi strategi. Orang sekarang saja males nelpon, apalagi antre untuk beli kue kering," kata dia.
 
Peluang yang ketiga adalah digitalisasi. Jimmy menuturkan, saat ini masyarakat lebih banyak memanfaatkan telepon, terutama telepon pintar (smartphone) untuk beraktivitas. Misalnya, masyarakat menggunakan aplikasi ride sharing untuk menjemput anak sekolah.
 
"Sekarang, hanya dengan menggunakan handphone, kita bisa ke mana-mana. Itu peluang," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya