03-03-1971: Green Berets Ditarik di Vietnam Selatan

Tentara AS di Vietnam
Sumber :
  • ushistoryscene.com

VIVA.co.id - Grup V Pasukan Khusus Amerika Serikat, atau biasa disebut Green Berets, berakhir masa tugasnya di Vietnam Selatan.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Seperti dikutip dari situs History, pasukan ini berdiri pada 1961 dan menjadi andalan Presiden AS, John F. Kennedy untuk mengatur dan melatih kelompok gerilya di belakang garis musuh.

JFK, sapaan John F. Kennedy, sangat percaya pada potensi Green Berets dalam melakukan operasi anti-pemberontakan. Markas pasukan ini berada di Pusat Pelatihan Warfare di Fort Bragg.

Green Berets kali pertama dikirim ke Vietnam Selatan pada Oktober 1964 untuk mengambil kendali dari semua operasi pasukan khusus di sana.

Tugas Green Berets bukan berperang, melainkan merekrut dan melatih warga sipil Montagnard Vietnam Selatan melalui Civilian Irregular Defense Group (CIDG).

11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet

The Montagnards atau orang gunung, begitu sebutan untuk warga sana, lalu dikumpulkan dari masyarakat adat dari beberapa suku seperti Rhode, Bros, dan Jarai, yang tinggal di dataran tinggi di Vietnam.

Suku-suku inilah yang direkrut untuk menjaga kamp di daerah perbatasan pegunungan terhadap infiltrasi Vietnam Utara. Pada puncak Perang Vietnam, Green Berets mengawasi 84 kamp CIDG dengan lebih dari 42 ribu pasukan yang terdiri dari pasukan penyergap dan unit milisi lokal.

Program CIDG berakhir pada Desember 1970 dengan misi pengerahan pasukan AS ke perbatasan Vietnam Selatan dekat Pusat Komando Ranger. Dengan begitu, misi Green Berets resmi berakhir di mana ini merupakan bagian dari pengurangan pasukan AS di Vietnam Selatan. (ase)

Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016