Darmin: Hilangkan Ego Sektoral, Bantu Nasib Petani

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.
Sumber :
  • Arie Dwi Budiawati / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini tengah mempersiapkan program dalam rangka membantu para petani karet, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. 

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
Hal ini dilakukan, mengingat wilayah-wilayah tersebut tingkat perekonomiannya sedang terpuruk akibat anjloknya harga komoditas global.
 
Indonesia Terancam Krisis Petani
"Lupakan ego dan kesombongan sektoral, karena yang sedang kita pikirkan adalah nasib rakyat kecil," ujar Darmin, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat, 4 Maret 2016.
 
Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
Darmin menjabarkan, upaya yang bisa dilakukan dalam situasi seperti ini adalah membuat program, terutama di sektor peternakan dan perkebunan yang dalam jangka waktu pendek bisa membantu petani karet, untuk meningkatkan taraf hidupnya.
 
Di samping itu, papar dia, adalah mendorong industri yang berbahan baku karet alam yang lebih berkembang. Dengan begitu, bisa berpotensi menaikkan harga karet alam produksi para petani.
 
"Jadi ada dua blok yang bisa dikerjakan. Pertama, dari sisi pertanian karet itu sendiri, dan kedua dari sisi pengolahannya," kata dia. 
 
Sementara pada sektor peternakan, pemerintah berencana meluncurkan program penggemukan sapi yang bisa dilakukan secara berkelompok, dengan anggota enam hingga tujuh petani per kelompok. 
 
Dia menambahkan, nantinya program tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu empat bulan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya