Menhub Jonan Larang Adhi Karya Jadi Operator LRT

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan
Sumber :
  • Kementerian Perhubungan

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan secara tegas menolak permintaan PT Adhi Karya untuk bergabung bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator Light Rail Transit (LRT) ketika sudah beroperasi nanti.

Banyak Kontrak Mundur, Laba Adhi Karya Turun
"Wong udah Perpres (Peraturan Presiden) kok. Teknis saja. Operator tetap KAI. Adhi Karya kontraktor saja kan dari dulu," ujar Ignasius usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Jumat 4 Maret 2016.
 
Jadi Menhub, Budi Akan Tetap Minta Petunjuk Jonan
Menurut Jonan, Adhi Karya masih belum memiliki pengalaman yang cukup, jika didaulat sebagai pendamping operator proyek kereta api tersebut. Oleh karena itu, eks Bos PT KAI ini tidak akan mengakomodir permintaan perusahaan pelat merah itu.
 
Ini Bisik-bisik Jonan ke Menhub Baru
"Jawabannya tidak. Alasannya, wong dia tidak bisa mengoperasikan kereta kok," katanya.
 
Sebelumnya, PT Adhi Karya menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam penyediaan sarana pembangunan LRT. Hal ini dianggap sebagai bentuk tanggung jawab Adhi Karya yang membangun pra sarana dalam proyek itu.
 
"Saya manut saja. Kami siap. Pokoknya, Adhi Karya ikut tanggung jawab (sebagai operator) di dalam, supaya sinkron," tegas dia beberapa waktu yang lalu.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya