Sandiaga: Pedagang Sambut Baik Bank DKI Kucurkan Rp1 Triliun

Pedagang melayani pembeli di Pasar Rumput, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Sandiaga Uno, mendukung penuh upaya Bank DKI dalam mengucurkan kredit sebesar Rp1 triliun kepada para pedagang pasar. 

Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah
 
Menurut pria yang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017 ini, apa yang dilakukan pemerintah DKI merupakan sebuah terobosan.
Fokus Pilkada DKI, Sandiaga Lepas Jabatan di Kadin
 
“Pemberian kredit dengan skema khusus ini merupakan langkah dan terobosan Bank DKI dalam memperkuat usaha pedagang pasar. Ini bisa memperkuat ekonomi rakyat di DKI Jakarta,” kata Sandiaga, dalam keterangannya, Senin, 7 Maret 2016. 
Sandiaga Uno Pastikan Gerindra dan PKS Berkoalisi
 
Namun, menurut Sandi, pemberian kredit itu harus maksimal. Dia mengatakan, pemerintah DKI wajib untuk memberikan pembekalan, termasuk pengawasan, hingga uang yang dikucurkan tersebut bisa terserap dengan baik.
 
“Pastinya diperlukan pembekalan dan pendampingan serta bimbingan berkelanjutan kepada para pedagang pasar yang menerima kucuran dana tersebut. Jangan sampai pemberian kredit itu menjadi bumerang dan memberatkan pedagang. Harus dipastikan tata keuangannya, hingga kedua belah pihak, baik bank maupun para pedagang diuntungkan. Tidak ada kredit macet serta cicilan berjalan lancar,” tutur pria bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno tersebut.
 
Sandiaga menambahkan, penyaluran kredit sekaligus bisa meningkatkan volume perputaran ekonomi pedagang pasar, serta berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.
 
Seperti diketahui, program kredit untuk pedagang kaki lima (PKL) ini dimotori oleh PD Pasar Jaya dan Bank DKI. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya