Film Animasi Karya Pelajar SMK Siap Tayang di TV

Siswi SMK mengerjakan proses pembuatan film animasi 'Pasoa dan Sang Pemberani
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto

VIVA.co.id - Sebuah film animasi tiga dimensi (3D) karya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bakal tayang perdana di Indonesia. Karya anak negeri ini lahir dari sebuah studio animasi SMK Raden Umar Said, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Prestasi membanggakan Indonesia ini ditunjukkan melalui film animasi berjudul "Pasoa dan Sang Pemberani" yang digarap langsung oleh 16 siswa SMK di kota berjuluk kretek tersebut.

Uniknya, pembuatan film berdurasi 30 menit tersebut hanya digarap dalam waktu singkat yakni selama enam bulan dan bakal tayang di sebuah stasiun televisi swasta pada bulan Oktober 2016 mendatang.

Program pembuatan film animasi di tingkat pelajar SMK ini merupakan kerjasama antara Djarum Foundation bersama perusahaan software kelas dunia Autodesk, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Kerjasama ini dengan menyiapkan satu studio beserta kurikulum kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said, Kudus.

"Program ini merupakan kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri animasi saat ini. Yakni pembuatan film animasi 3D untuk SMK di Kudus," jelas Program  Director Djarum Foundation, Primadi  H Serad saat peresmian studio animasi di Kudus, Senin, 7 Maret 2016.

Turut hadir dalam kaunching acara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Direktur Pembinaan SMK Kemendikbuud, Mustaghfirin Amin, Bupati Kudus, Musthofa, program Manager of Indonesia, Autodesk Education Yuli Setiawati, Managing Director SMBC, Ryuji Nishisaki serta Vice President Directur Djarum Foundation, Agus Siswanto Wibawa.

Film animasi ini bercerita tentang seekor hewan mitologi bernama Pasoa yang berwujud paduan dari beberapa hewan di Indonesia. Kehadirannya untuk menjalankan misi melindungi kekayaan hayati Indonesia.

"Selain memperkenalkan nilai-nilai kekayaan hayati Indonesia melalui dongeng tradisional untuk membawa kearifan lokal, animasi ini juga bertujuan mencetak lulusan SMK terampil dan berpenghasilan tinggi di sektor industri kreatif, " katanya.

Kepala SMK Umar Said, Faridduudin, menambahkan, program kejuruan animasi ini didukung juga oleh praktisi yang telah dikenal dalam industri animasi dunia, seperti Animator Walt Disney Animation Studio, Woody Woodman.

"Animator asal Amerika itu didatangkan  untuk melatih langsung guru dan siswa dalam pembuatan film animasi kelas dunia," ujar dia.

Dengan dibantu oleh empat guru pembimbing dan lima pengajar bersertifikat Autodesk software, 16 siswa SMK ini mampu menunukkan keterampilan pembuatan trailer film "Pasoa dan Sang Pemberani" berdurasi 2 menit. Trailer ini disaksikan oleh sejumlah tamu undangan.

BJ Habibie Jadi Pengisi Suara di Serial Animasi
BoBoiBoy The Movie

Serunya Petualangan Film Animasi BoBoiBoy

"Kami yakin penggemar cilik di Indonesia menanti film ini."

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016